Pages

28 Des 2012

Suara yang Tidak Terdengar


Ada yang janggal ketika aku bersuara. selalu saja tak terdengar oleh mereka. Seolah suara-suara yang aku keluarkan dari mulutku lenyap dihempaskan udara, sebelum apa yang aku suarakan sampai ke telinga mereka. 

Aku mencoba perbesar volume suaraku. Tapi masih saja janggal, karena masih tidak terdengar oleh mereka. Kemana menghilangnya  suara yang kukeluarkan dari mulutku itu? Apakah gelombang suara yang aku hasilkan tidak merambat dengan baik di udara, sehingga tidak sampai ke telinga mereka.

Aku perbesar lagi volume suaraku. Kali ini sampai batas maksimal. Bahkan pita suaraku hampir saja putus karena ini.Tapi aneh, tetap saja suaraku masih tidak terdengar oleh mereka. Apa mungkin di tempat ini tidak ada zat perantara yang bisa membuat suaraku sampai ke telinga mereka?? Tapi bukankah disetiap tempat pasti ada zatnya. .

Ini tampak semakin janggal. Padahal aku sangat yakin kalo apa yang aku suarakan benar-benar menghasilkan bunyi. Tapi tunggu dulu, mungkin yang salah bukan suaraku. Yang salah pasti telinga mereka. benar, mereka itu pasti tuli. pasti ada gangguan-gangguan di telinganya sehingga mereka tidak bisa mendengar. Tapi kenapa jika orang lain yang bersuara mereka bisa mendengarnya??

Cukup !! ini sudah semakin tidak masuk akal. Bagaimana bisa mereka bisa mendengar suara orang lain sedangkan mendengar suaraku tidak bisa? Dan sekali lagi ku katakan bahwa aku yakin bahwa apa yang aku suarakan benar-benar menghasilkan bunyi. Lalu apa yang salah?

Suaraku tidak ada yang salah, dan telinga mereka pun tidak bermasalah. Jangan – jangan yang salah adalah apa yang aku suarakan. Sehingga mereka sengaja untuk berpura-pura tidak mendengar apa yang aku suarakan, seolah-olah mereka adalah orang yang tuli. meskipun sebenarnya mereka itu mendengar apa yang aku suarakan. 

Wajar saja jika mereka tidak mau mendengar. Karena apa yang aku suarakan adalah tentang KEBENARAN. Mereka pasti takut, karena kebenaran yang aku suarakan bisa merusak kesenangan yang mereka rasakan. Makannya mereka pura-pura tidak mendengar. .

30 Nov 2012

Terjerat Nafsu


Aku berjalan berdua bersama lelaki yang aku cinta, bukan suamiku, tapi ia adalah pacarku. Aku menggandeng tangannya dengan penuh mesra. Kupercepat langkah kakiku seakan sedang terburu-buru. Karena memang aku sudah sangat tidak sabar untuk masuk kamar penuh nafsu, dan segera melampiaskan hasrat seksku.

Aku berjalan berdua bersama wanita yang aku cinta, bukan istriku, tapi ia adalah pacarku. Aku menggandeng tangannya dengan penuh mesra. Kupercepat langkah kakiku seakan sedang terburu-buru. Karena memang aku sudah sangat tidak sabar untuk masuk kamar penuh nafsu, dan segera melampiaskan hasrat seksku.

Aku melihat sepasang kekasih berjalan bersama. Mereka saling bergandengan tangan dengan penuh mesra. Langkah kakinya begitu cepat seakan mereka sedang terburu-buru. Mungkin sudah sangat tidak sabar ingin segera menuju kamar penuh nafsu. Pikiranku pun menjadi menjalar, menembus imajinasi yang paling liar, membayangkan apa yang sedang mereka lakukan didalam kamar.

Ini Hanya Sebuah Tulisan


Ini hanya sebuah tulisan,
Kumpulan dari beberapa huruf,
Yang membentuk kata, kalimat, hingga paragraf,
Yang terkadang dijadikan sebagai alat penipuan karena ditulis dengan penuh kebohongan.

Ini hanya sebuah tulisan,
Kumpulan dari beberapa huruf,
Yang membentuk kata, kalimat, hingga paragraf,
Yang terkadang ditulis dengan penuh kejujuran dari hati yang paling dalam dan penuh perasaan.

Ini hanyalah sebuah tulisan,
Tidak lebih dari sekedar kumpulan dari beberapa huruf,
Yang membentuk kata, kalimat, hingga paragraf,
Yang terkadang membuat kamu tidak bisa menilai seseorang hanya lewat sebuah tulisan. .

Karena apa yang dituliskan berada diantara kejujuran dan kebohongan. .

Kita Setara Dengan Mereka


Tanpa disadari, orang-orang sedang bergerak mundur ke belakang. Padahal mereka sedang merasa jika merekalah orang-orang yang paling maju dengan gaya hidupnya yang paling termodern, sehingga berhak menyandang gelar GAUL !!. .

Dikala malam sedang berkuasa, mereka sang manusia modern bergerak ke suatu tempat. tempat yang gemerlap, sedikit temaram, dihiasi lampu yang berkelap kelip. Ditengah keramaian, dengan diiringi alunan musik, mereka mengubarkan nafsu, manampakkan tubuh indah dan kulit mulusnya, menari-nari melenggak - lenggokan tubuhnya, menanggalkan pakaian dan celananya, menelanjangi dirinya, menunjukkan kemaluannya, mememutuskan urat malunya. Asap rokok semakin menjarah, bau alkohol tercium dari segala arah, mata mereka semua memerah, dengan nafas yang terengah-engah dan penuh gairah.

1 Nov 2012

Hanya Penjelasan


Mengenai beberapa tulisan-tulisan yang telah saya buat, yang isinya kebanyakan menyindir orang-orang, lebih tepatnya menyindir tingkah laku orang-orang, baik dari segi perbuatan ataupun ucapan. dimana orang-orang itu adalah orang-orang yang berada di sekeliling saya. saya mohon maaf atas semua itu. Saya menulis itu bukan karena saya ngewa ( benci ) sama kalian. Bukan pula untuk merasa kalau tingkah saya adalah yang paling benar diantara kalian. Saya juga tak tau pasti apa yang sedang terjadi dengan diri saya. Semuanya mengalir begitu saja, sehingga akhirnya saya menulis tulisan-tulisan itu. Anggap saja tulisan-tulisan itu adalah sisi lain dari diri saya. Sisi lain yang tersembunyi yang saya pun tidak mengenalnya dengan pasti. Sisi lain yang sedang memberontak karena tidak tahan terhadap apa yang terjadi di lingkungan sekitarnya.

Hanya sekedar analisis, mungkin pemberontakkan ini datang dari hati saya, karena raga ini terus menerus mengkonsumsi hal-hal yang tidak baik. Padahal hati ini sangat membutuhkan asupan-asupan hal-hal yang bersifat religius. Sederhananya seperti ini, saya ingin menjadi benar, tapi saya justru malah bergerak menuju kearah yang tidak benar. Karena itulah timbul pemberontakkan dalam hati dari sisi yang ingin menjadi benar tersebut.

9 Okt 2012

#6


Gila ! benar-benar gila !! beberapa hal yang aku lakukan, aku rasakan, aku lihat, dan apa yang aku pikirkan  selama 2 minggu ini benar-benar hampir membuat aku gila. 

setiap kali aku berdiam diri dirumah, hanya berdiam diri saja tanpa ada yang dikerjakan. Hanya sekedar makan, minum dan tidur. Saat itu, Produktivitas menjadi terhenti, kreativitas seakan mati, imajinasi pun tak berfungsi, hingga akhirnya aku menjadi depresi. Dan kemudian rasa pesimistis menguasai diri. Hidup pun seperti menjadi tak berarti. 

#5


29 November 2012
Sabtu !! yap, ini hari sabtu. Hari dimana waktunya untuk bermalam minggu. hari dimana sepasang kekasih akan saling melampiaskan rindu, melampiaskan hasratnya untuk saling bertemu, dan bahkan melampiaskan hasratnya untuk saling bercumbu. 

 Hari sabtu, malam minggu. hari dimana sepasang kekasih dikendalikan oleh hawa nafsu. .

Lalu bagaimana dengan aku? Apakah malam mingguku seperti itu? Bila aku punya kekasih mungkin akan seperti itu. Atau mungkin lebih dari itu. Untungnya aku sedang tidak punya kekasih. Sehingga setiap malam minggu, aku terhindar dari bisikan si hawa nafsu.

Hari sabtu adalah hari yang selalu ku tunggu-tunggu. Bukan karena aku akan bermalam minggu. tapi karena aku akan bertemu, dengan anak-anak kecil yang lucu-lucu.

#4


Liburan telah usai, saatnya kembali menuju rutinitas yang menjemukkan.

Hari setelah liburan aku awali dengan bangun tepat disaat adzan dzuhur berkumandang. setiap hari memang selalu seperti ini, tidur shubuh bangun dzuhur. Benar-benar pola tidur yang berantakkan. Tak ada lagi yang namanya tidur malam. Aku lupa, entah sejak kapan kebiasaan jelek ini melekat dalam kehidupanku. Mungkin kebiasaan jelek ini datang ketika aku berada di tingkat akhir kuliahku. Saat itu memang jadwal kuliah selalu ada di sore hari, sedangkan malam hari aku habiskan untuk mengerjakan skripsi. Sehingga jadwal tidurku jadi mundur menuju shubuh.

Masih kunikmati hari-hariku sebagai seorang sarjana muda. Eh, tidak, tapi seorang pengangguran. Aku masih bisa menikmati indahnya bangun siang. Meskipun setelah bangun, siang hari aku menjadi begitu tak karuan. Tak ada kegiatan apa-apa yang bisa dilakukan. Terasa membosankan, hanya berdiam diri dirumah dan tak ada yang dikerjakan. Siang yang terang tampak menjadi seperti gelap yang mencekam, yang melahirkan kecemasan dan kegelisahan. Seperti inikah rasanya menjadi pengangguran?? Terasa tertekan dan penuh beban.

Saya butuh pekerjaan !!

#3


24 November 2012
Wooohooooo, Liburan !! akhirnya aku memutuskan untuk menerima ajakan teman-teman untuk ikut berlibur ke pangandaran. Sebelumnya aku sempat menolak untuk ikut karena alasan keuangan. Tapi berkat pinjaman uang dari kakakku yang aku paksa untuk meminjamkan uangnya, akhirnya saya bisa ikut liburan. Keinginan untuk liburan kali ini memang sangat kuat, mengingat sudah lama sekali aku tidak liburan. Lagipula pikiran ini sedang sangat berantakkan, sehingga rasanya perlu untuk refreshing sekedar untuk menjernihkan kembali pikiran ini. Dan dua panggilan test kerja di esok hari pun terpaksa aku abaikan. “ah, masa bodo lah. Saat ini aku hanya butuh sedikit hiburan dan liburan yang melahirkan kesenangan, bukan kepusingan karena test kerja yang bisa membuat pikiran ini semakin berantakkan”.
Dan selesai shalat isya, aku dan 7 temanku berangkat menuju pangandaran.

Kali ini nafsu yang menang. .

24 Sep 2012

#2

malam ini kamar saya terlihat berantakan sekali. keadaannya tak beda jauh dengan pikiran saya yang sama-sama sedang berantakan. tak begitu jelas apa yang membuat pikiran ini begitu sangat berantakan. semuanya hanya terasa, tanpa bisa terungkapkan. saya memandang langit-langit dikamar, menerawang apa yang akan terjadi esok. terbayang esok hari yang akan penuh kesulitan, bahkan kesulitan itu akan bertahan di esok-esok hari lainnya. rasanya ingin sekali menghentikkan waktu, agar tak ada hari esok, atau hari-hari selanjutnya. kemudian akan saya putar kembali waktu dan mengembalikannya ke ruang dan waktu dimana saya sedang merasa tenang, damai dan bahagia.

20 Sep 2012

#1

Pagi ini, saya sudah berada didalam bis dengan rasa kantuk yang luar biasa.  Seharusnya saat ini saya berada di kasur lengkap dengan selimut dan guling menikmati indahnya tidur di pagi hari, seperti yang telah biasa saya lakukan selama masa kuliah. tapi, sebagai seorang sarjana muda yang dituntut harus mencari kerja membuat saya harus bangun pagi. Maka pagi ini, saat mahasiswa-mahasiswa sedang larut dalam mimpi indah di tidur paginya, saya malah sudah berkumpul dengan orang-orang yang tiap pagi naik bis untuk berangkat kerja. sejenak kuperhatikan wajah-wajah mereka, tak ada satupun yang memasang wajah cerah dan ceria. yang ada hanya wajah-wajah suntuk karena harus terus-terusan menjalani rutinitas yang menjemukan. tiap pagi mereka harus berangkat kerja, sungguh sangat menjemukan. apakah setelah saya dapet kerja nanti, saya juga akan menjalani rutinitas yang menjemukan seperti yang mereka alami?? dan apakah setiap hari pula saya harus memasang wajah suntuk?? ah, entahlah. .menjemukan atau tidak, itu tergantung diri kita sendiri.

***

17 Agt 2012

Catatan Penting 1

baru saja saya melihat video slide show foto adik-adik Save Street Child Bandung. dari rentetan foto adik-adik yang ada, saya cukup tertegun ketika mamandang foto ( Alm ) Etter. foto itu membawa pikiran saya kembali mengingat kepada cerita mengharukan tentang ( Alm ) Etter. tentang bagaimana ia harus meninggalkan dunia ini dengan cara yang tragis ( tabrak lari ). dan ketika berita tragis itu sampai ke telinga saya, saya benar-benar tidak menyangka. bahkan kawan-kawan saya yang lainnya juga tidak akan menyangka kalo ( Alm ) Etter harus dipanggil Tuhan, apalagi harus dipanggil dengan cara seperti itu. padahal ( Alm ) Etter usianya masih 12 tahun, tentunya hidupnya masih akan sangat panjang. tapi apa mau dikata, Tuhan berkehendak lain.

mengenai kehendak Tuhan tentang kematian, beberapa jam yang lalu saya sempat mendengar cerita dari ibu saya, bahwa beberapa ratus meter dari tempat saya tinggal, ada seorang perempuan yang meninggal. padahal dia baru kelas 2 SMA. penyebab kematiannya pun masih samar. gosipnya sih gara-gara kepala belakang bagian bawahnya di pukul sama adiknya. miris bener deh dengernya.

12 Agt 2012

Meng-Indonesia-Kan Lebaran


Tidak terasa sebentar lagi kita akan merayakan Hari Raya Idul Fitri atau di Indonesia populer dengan sebutan ‘Lebaran’. Bulan Ramadhan yang penuh pahala ini pun akan segera berganti menjadi bulan yang penuh rezeki, berupa THR.
Tanda-tanda akan segera datangnya lebaran pun sudah bermunculan, dari mulai sudah penuhnya pusat-pusat perbelanjaan yang disesaki oleh orang-orang yang ingin membeli “baju bedug”, kemudian mulai sepinya masjid ketika pelaksanaan shalat taraweh yang hanya menyisakan 3-4 shaf saja, atau terakhir mulai munculnya penampakkan kue-kue lebaran dari mulai kue keju, nastar, ataupun kue kaleng semacam Khong Guan yang isinya bukan kue, melainkan rangginang dan opak.

10 Agt 2012

Kakek Penjual Sop Buah

jadi inget kemaren pas buka puasa di kampus. dari puluan tukang dagang yang ada di kampus, perhatian gue tertuju sama kakek-kakek yang jualan sop buah. sop buahnya dijual dengan harga yang murah, cuman 3rb. padahal yang lain pada masang harga 5rb. emang sih si kakek-kakek itu ngejual dengan harga murah. tapi dari segi penampilan sop buahnya, si kakek kalah jauh dari yang lain. yang lain ngejualnya udah pake gelas palstik. sedang si kakek cuma pake plastik doang. dan yang lain sop buahnya berisi berbagai macam banyak buah-buahan, sedangkan sop buah si kakek, kalo gue perhatiin cuma berisi tiga macam buah yaitu pepaya, nanas, sama bengkuang. dan kayanya itu lebih cocok disebut es bulls daripada disebut sop buah.

14 Mei 2012

Help Me Out

seringkali saya lupa, kalau berlari menjauh dari kenyataan dengan bersenang-senang menikmati keindahan semu dunia dan menjauhkan diri dari Tuhan, bukanlah sebuah solusi untuk membuat keadaan menjadi lebih baik, bahkan yang terjadi adalah sebaliknya. padahal seharusnya saya sadar, rutinitas seperti itu hanya akan membawa saya menuju kehancuran. yah, terkadang akal sehat pun menjadi tidak berguna ketika emosi dan hawa nafsu yang menggebu-gebu membawa diri ini ke lingkaran bodoh yang tak pernah mati.  saya mungkin saja bisa keluar dan kembali menuju jalan cahaya. tapi, ketika semuanya sudah terlalu gelap, dan saya  sudah tersesat terlalu jauh pada keadaan seperti itu, maka saya pun membutuhkan PERTOLONGAN.

help me out, just help me out of here . .

27 Apr 2012

Kenakalan Remaja Labil


Remaja adalah seseorang yang labil, yang mudah sekali terpengaruhi. Sehingga banyak sekali menimbulkan permasalahan-permasalahan pada remaja. kemudian permasalahan-permasalahan itu berkembang menjadi suatu hal yang sering kita kenal dengan sebutan “ Kenakalan Remaja”. Yaitu suatu fenomena dimana para remaja melakukan kenakalan-kenakalan yang sekarang ini semakin marak terjadi di kalangan remaja. Boleh jadi ini adalah realita yang mengkhawatirkan, karena sekarang udah banyak sekali para remaja yang berani melakukan pelanggaran-pelanggaran susila, baik pria maupun wanita.

Tawuran, seks bebas, pake narkoba, negak alcohol adalah merupakan kenakalan-kenakalan remaja yang sering terjadi. Tetapi untuk saat ini, kenakalan yang sering gue denger adalah seks bebas. Mahasiswa, SMA, bahkan Anak SMP kebanyakan pernah melakukan seks bebas. Parah bukan ??? mungkin bagi sebagian orang sih hal ini udah biasa, tapi bagi gue ini udah terlalu parah. dimana harga dari sebuah keperawanan sudah tak lagi bernilai. Hilang begitu saja karena tergoda kenikmatan sesaat yang dibisikan SETAN !!! bahkan mereka sepertinya tidak punya rasa malu, dan cenderung narsis, ketika para wanita yang memamerkan aurat kemana-mana, dilengkapi oleh para laki-laki yang cenderung ingin melampiaskan hawa nafsunya sehingga pada akhirnya terjadilah perbuatan dosa ini.


23 Apr 2012

si Masalah

salah satu hal yang paling membuat saya merasa benar-benar hidup di dunia ini adalah karena adanya masalah. karena memang pada hakikatnya hidup adalah masalah. dan mengenai si masalah ini, saya ga tau harus berterima kasih atau harus memaki kepada si masalah ini. karena seringkali si masalah membuat saya bingung. terkadang si masalah ini membawa saya mendekat kepada Allah, tapi terkadang juga si masalah ini membuat saya menjauh dari Allah. apalagi kalo si masalah ini datangnya gerombolan, membuat saya terjebak dalam dua pilihan. mencintai Allah atau membenci Allah. saya tentunya lebih memilih untuk mencintai Allah, tapi terkadang bila si msalah ini ga pergi-pergi lama-lama saya jadi berbelot menjadi membenci Allah. SALAH ?? memang salah, saya juga sangat tau kalo ini salah. tapi saya juga ga ngerti kenapa saya terjerumus ke arah yang salah. tapi darisana saya tau, kalo ternyata saya belum cukup dewasa dalam menyikapi si masalah ini. atau mungkin saya belum cukup kuat ( iman ) ketika diuji dengan didatangkannya si masalah ini. tapi saya akan terus belajar untuk terus mejalani hidup dengan si masalah tanpa harus terjerumus ke arah yang salah.

16 Apr 2012

Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

Assalamualaikum Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

Engkau pasti tau aku ini bukan anak yang baik, tepatnya aku ini anak yang nakal. aku ini terkadang lalai, atau lebih benarnya sering lalai dalam mengerjakan perintahMu juga menjauhi laranganMu. seringkali aku meninggalkan shalat, seringkali aku berbuat dosa. hal itu dikarenakan cintaku pada dunia melebihi cintaku kepadaMu. inilah yang membuat aku jauh dariMu. tapi, setiap kali aku menjauh dariMu, Engkau selalu menunjukkan jalan untuk aku kembali dekat denganMu, membuat aku pulih dan mengerti. tapi setelah itu aku kembali menjauh dariMu dan Engkau kembali menyadarkanku, membuat aku kembali dekat denganMu. berulang-ulang selalu seperti itu, tapi Engkau selalu saja mengerti dan memaklumi. .

disaat aku merasa senang, seringkali aku tak ingat kepadaMu. jangankan mengingatMu, untuk bersyukur kepadaMu saja aku tidak ingat. tapi ketika aku merasa sedih dan sedang berada dalam kesulitan, aku selalu meningatMu, mendekatiMu dan meminta banyak permintaan, yang terkadang permintaan aku ini begitu keterlaluan. dan ketika Engkau tdak mengabulkan permintaan-permintaanku, aku seringkali berburuk sangka padaMu. menganggapMu tidak sayang kepadaku, bahkan meragukan Engkau yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. tapi Engkau selalu saja memaklumi sikap aku ini dan kembali menyadarkanku, bahwa Engkau tidak mengabulkan permintaanku bukan karena tidak sayang padaku, tapi Engkau ingin menunjukkan dan mengajari kepadaku mana yang terbaik bagiku. Engkau memang tidak memberi apa yang aku minta, tapi Engkau selalu memberi apa yang aku butuhkan. dan bahkan memberikanku pertolongan-pertolongan yang tidak disangka-sangka. Engkau selalu menunjukkan kasih sayangMu padaku dengan caraMu sendiri.

kini aku tidak peduli dengan orang-orang yang tidak percaya kepadaMu. atau orang-orang yang tidak ingin dekat denganMu. aku hanya ingin selalu dekat denganMu, juga mencintaiMu dengan caraku sendiri. menjadikanMu sebagai tempat berteduh, tempat bercerita, tempat berkeluh kesah, tempat meminta pertolongan, tempat meminta perlindungan. agar aku tidak menjadi orang yang pengecut, pengeluh dan selalu sedih. sehingga aku akan selalu berusaha untuk menggapai kebahagiaanku di ujung jalan sana, dan mendapatkan CintaMu di setiap harinya. .

 



Ya Allah, Engkau memang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. .

9 Apr 2012

Perjuangan Awal Skripsi Mampus

whoooaaaaa, udah lama nih ga bikin postingan. yeah, ceritanya kemaren-kemaren gue disibukkan sama proposal skripsi gue ( cieee yang udah skripsi ) makannya gue terpaksa berpaling sejenak dari blog tercinta ini. sebenernya males banget sih ngurusin skripsi, tapi adanya tuntutan supaya gue lulus tepat waktu membuat gue mau ga mau harus ikhlas berteman dengan si skripsi ini. dan pas hari kemis kemaren, gue udah melewati tahap awal dari skripsi. yaitu seminar proposal skripsi.

sehari sebelum seminar proposal skripsi, gue mengalami kegalauan yang luar biasa. gue takut kalo proposal skripsi gue ga diterima. dan yang paling bikin gue takut adalah gue kebagian dosen penguji yang Killer, yang sering nyusahin mahasiswanya. untuk mengantisipasi penguji kaya gitu, gue pun udah menyiapkan beberapa cara agar lolos dari bantaian si dosen penguji. 

cara yang pertama yaitu pas seminar besok gue mau bawa samurai. jadi kalo tu dosen penguji nyusahin gue dengan ngasih pertanyaan-pertanyaan yang susah-susah, gue tinggal ngegorok leher si penguji dengan samurai yang gue bawa. sayangnya cara yang satu ini sangat beresiko.

29 Mar 2012

SELAMAT ULANG TAHUN

Alkisah, tanggal 28 maret tepatnya 21 tahun yang lalu telah lahir seorang manusia yang lucu, ganteng nan rupawan ke dunia ini melalui rahim seorang ibu yang tentunya juga cantik dan menawan. dan kemudian manusia itu diberi nama Rizky Azhari Ramdhani. dan si Rizky Azhari Ramdhani itu adalah gue, hahaha. kemudian gue tumbuh berkembang dari seorang anak-anak yang imut-imut nan ganteng menjadi seorang anak muda yang juga masih imut-imut.dan ganteng. jadi bisa dikatakan kegantengan gue itu bersifat permanen dan ga akan pernah luntur sedikitpun.#plakkk #abaikan

gila yah, ga kerasa sekarang gue udah berumur 21 tahun lagi, perasaan kemaren gue masih seorang bayi yang nenen ke susu nyokap gue deh ( iyalah masa nenen ke nyokap orang lain ). ternyata emang bener kata orang-orang, kalo waktu itu terasa begitu cepat berlalu. hingga gue ga sadar kalo sekarang gue ini udah berumur 21 tahun lagi. yeah, namanya juga siklus hidup, setiap tahunnya umur orang itu pasti bertambah. cuman guenya aja yang terlalu ga memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. makannya waktu terasa cepat berlalu, dan ga kerasa kalo gue udah 21 tahun hidup didunia ini.

gue kadang suka ngiri sama orang-orang yang berada di umur yang sama dengan gue, dan mereka udah pada berhasil dan sukses. nah gue boro-boro deh sukses, masa depan aja masih ga jelas. tapi ini harusnya jadi bahan intropeksi buat gue, juga sekaligus jadi motivasi buat gue kalo gue juga harus sukses di usia muda. yah, kali aja 1 tahun atau 2 tahun lagi gue udah sukses jadi bandar minyak kaya si mansyur yang punyanya Manchester City. #mimpidimalembolong

tapi, diulang tahun yang ke 21 tahun ini gue sangat bersyukur. meskipun gue belum jadi orang sukses, tapi gue merasa beruntung masih diberi kesempatan untuk hidup. gue bersyukur karena di usia 21 tahun ini kedua orang tua gue masih ada. gue juga bersyukur disamping gue masih ada orang-orang yang sayang sama gue. gue ga akan pernah lupa, kalo tiap gue ulang tahun, nyokap gue selalu bikinin gue kue ulang tahun. padahal gue ga pernah minta dibikinin kue. gue juga ga akan pernah lupa, setiap gue ulang tahun temen-temen gue pada ngucapin selamat ulang tahun sama gue. dan gue juga ga akan lupa. setiap ulang tahun temen-temen gue selalu ada yang minta traktir sama gue, yang bikin duit gue lenyap ga bersisa. yeah, itulah moment yang ga akan gue lupain selama gue ulang tahun.

doa pun terucapkan dari orang-orang terdekat gue. mendoakan segala yang terbaik buat gue. dan yang ga akan pernah gue lupa adalah doa dari nyokap gue. yang akan selalu terngiang-ngiang di telinga gue setiap saat.

"semoga jadi anak yang sholeh, dan jadi anak yang sukses di dunia dan akhirat"

itulah doa yang selalu diucapkan nyokap gue setiap kali gue ulang tahun.dan gue janji, bakalan bikin doa nyokap gue jadi kenyataan. amin

oiya, makasih buat orang yang udah ngucapin pertama kali tepat jam 12 malem tadi. ternyata kamu masih inget sama ulang tahun saya. .

SELAMAT ULANG TAHUN RIZKY AZHARI RAMDHANI

24 Mar 2012

“saya benci kenapa saya harus menulis ini”

Tulisan yang saya tulis pada tanggal 7 oktober 2011,

ketika anda tiba-tiba saja menghilang dari hidup saya, saat saya benar-benar membutuhkan anda, segala hal yang harus saya jalani menjadi terasa sangat menyulitkan. dan ini menjadi salah saya, yang terlalu menggantungkan semuanya kepada anda. dan anda juga tahu itu bukanlah kehandak saya. karena memang andalah yang pada saat itu selalu ada untuk saya. yang mau tak mau dan tak bisa dielakan lagi membuat saya menyerahkan kepercayaan saya kepada anda. dan membuat saya jadi berfikir bahwa memang anda adalah orang yang tepat untuk saya.

dan ketika fikiran itu mulai menyebar ke dalam hati, membuat saya tak bisa lagi untuk menolak, bahwa ternyata hati ini mulai mengikuti apa yang dikatakan oleh fikiran ini, dan kemudian dari hati ini semuanya di olah lalu mulai muncullah sebuah ‘rasa’. yang saya sendiri tidak tahu apakah itu.

tapi, di saat ‘rasa’ itu muncul, saya sungguh kecewa, karena anda telah menghilang entah kemana. yang membuat ‘rasa’ ini melahirkan berbagai rasa yang lainnya. cemas, gelisah, dan takut. sehingga dengan tak sengaja saya melakukan kesalahan bodoh yang semuanya diluar kendali saya, hingga akhirnya semakin membuat saya kehilangan anda.

dan ternyata saya benar-benar bodoh, kenapa saya bisa setidak-peka-nya terhadap diri anda. kenapa saya tidak bisa memahami diri anda sepenuhnya !! saya baru sadar bahwa alesan sebenarnya kenapa anda tiba-tiba menghilang dari hidup saya itu ternyata bukan karena dari ‘kesalahan bodoh’ yang itu. tetapi ada alasan yang lainnya.

dan ternyata alasan tersebut adalah ada jalan lain yang anda pilih. yang mungkin dengan memilih jalan itu membuat anda terpaksa harus meninggalkan saya. dan saya tau bahwa itu adalah sesuatu yang sangat sulit untuk anda pilih. tapi anda mungkin pada saat itu berfikir, bahwa bila anda tetap berada di sisi saya, mungkin anda tidak akan mendapatkan apa yang anda butuhkan ataupun apa yang anda inginkan. sehingga pada akhirnya anda memilih jalan lain dan mencoba meraih apa yang tidak didapatkan saat berada di sisi saya di jalan itu.

Maaf !! atas segala keegoisan saya yang terus-terusan selalu membebani hidup anda dengan mengurusi kelemahan diri saya ini. saya benar-benar tidak tahu bahwa anda juga perlu tempat yang bisa mengurusi kelemahan diri anda, dan menjadikan kelemahan itu menjadi sebuah kekuatan yang bisa menciptakan sebuah kebahagian. sekali lagi saya mohon maaf !!

Maaf juga, atas semua perbuatan saya yang selalu terus-terusan menghantui hidup anda dan selalu merengek meminta anda untuk kembali. yang membuat anda harus melakukan hal yang bisa membuat saya benci kepada anda agar saya bisa melupakan anda dan tdak lagi menghantui hidup anda dan memaksa anda untuk kembali lagi. dan saya tau itu terpaksa anda lakukan agar fokus anda terhadap jalan yang anda pilih tidak menjadi terbelah.

tapi perlu anda ketahui, apa yang telah anda perbuat itu tidak pernah sedikit pun membuat saya benci terhadap anda. karena saya tidak mau membalas semua kebaikan yang pernah anda berikan kepada saya, saya balas dengan rasa benci.

dan sekarang sudah 1 tahun berlalu sejak anda memutuskan untuk memilih jalan itu. dan mungkin saja anda telah mendapatkan apa yang selama ini anda cari. tapi saya masih tertinggal jauh dari pencapaian anda. saya masih disini memikirkan segala sesuatu tentang anda dan mencoba untuk melenyapkan semua itu dan juga mencoba untuk mengikhlaskan ataupun menerima kenyataan yang telah terjadi bahwa memang anda takan bisa untuk kembali disini. kini, kubiarkan anda pergi. untuk temukan bahagia bersama dengan jalan yang anda pilih. dan saya juga akan pergi dari kehidupan anda sesuai dengan apa yang anda inginkan.

saya benci untuk mengatakan ini, tapi saya harus mengatakannya…
selamat pergi, terima kasih atas segala sesuatunya, semoga anda disana memang mendapatkan apa yang anda inginkan.

oya, saya jadi ingat ketika anda pernah bilang bahwa saya selalu datang saat saya hanya butuh kepada anda saja…
yah, saya memang butuh anda, saya selalu membutuhkan anda, karena saya mencintai anda. saya tak tahu pasti, tapi itulah yang saya rasakan . .
“saya benci kenapa saya harus menulis ini”

20 Mar 2012

Aib Dalam Pacaran !!

ga tau kenapa, sekarang yang ada dipikiran gue tentang pacaran yaitu gue menganggap kalo pacaran itu adalah suatu kegiatan dimana orang-orang melampiaskan nafsunya. padahal dulu gue ga berpikir kalo pacaran sekotor itu. mungkin karena sekarang ini gue seringkali mendengar ataupun melihat secara langsung kalo orang-orang mengisi kegiatan pacaran mereka dengan hal-hal yang negatif. seperti cipokan, grapa-grepe, bahkan ML. padahal aktivitas-aktivitas negatif seperti itu sangat dilarang oleh agama.

gue suka heran sama orang-orang zaman sekarang. mereka pada bangga jika dalam berpacaran, mereka telah berhasil melakukan kegiatan-kegiatan seperti cipokan, grapa-grepe, dan juga ML. seringkali gue mendengar orang-orang bilang kaya gini,

"eh, kamaren gue udah cipokan sama cewe gue loh".
"eh, lo udah pernah megang toket cewe belum? gue udah pernah loh. kemaren gue puas megangin toket cewe gue.
"eh, gue kemaren berhasil merawanin cewe gue loh". gila, rasanya nikmat banget.

Trus kenapa?? bangga yah kalo udah ngelakuin hal yang kaya gitu?? emang kalo udah berhasil ngelakuin yang kaya gitu kalian bakalan dapet penghargaan?? yeah, perlu kalian tahu, kegiatan-kegiatan yang kalian lakukan itu merupakan sebuah aib. jadi kenapa kalian pada bangga nyeritain aib kalian sendiri?? dan kalian juga harus tau, kalo kegiatan kaya gitu haram untuk dilakukan !!

13 Mar 2012

Fanatisme Musik Underground

pada zaman sekarang ini, hal yang sangat digandrungi oleh anak muda adalah musik. bagi mereka musik adalah teman hidup, tanpa musik, hidup terasa tak berirama, bagai pacaran tanpa cipokan, begitulah analoginya. 

dan melihat kenyataan sekarang, dari berbagai jenis musik yang ada, musik yang sangat disenangi oleh anak muda adalah musik underground, yang di dalamnya terdapat beberapa genre, seperti metal, hardcore, emo, punk, dll.

entah karena berbeda dari musik mainstream , entah karena lagunya tidak mendayu-dayu, entah karena lebih idealis, entah karena lebih enak didengar atau entah karena apa, ternyata musik seperti ini sangat di sukai oleh anak muda sekarang. bahkan ada beberapa diantara mereka yang mengekspresikan rasa kecintaan mereka terhadap musik seperti ini dengan cara yang  berlebihan atau mungkin biasa dikenal dengan sebutan fanatik.

mereka yang menyebut dirinya anak Punk, mereka berpakaian layaknya ‘anak punk’; Rambut mohawk, tindik telinga dan hidung, bertatoo, sepatu boot Dr.Martin, jaket dan celana jeans. Mereka yang mengaku dirinya hardcore berpakaian lebih sporty, celana army selutut, syal di kepala menutupi alis mata, dan aksesoris lainnya. mereka yang mengaku Emo, rambut ala emo yang poninya menutupi mata, dandanan gothic, dengan mata memakai cela, dengan pakaian yang serba hitam.

mereka juga mengikuti segala prilaku yang dilakukan oleh para pemain band favorit mereka, yang justru yang diikuti adalah hal-hal yang negative dari mereka, seperti misalnya suka meminum minuman beralkohol.

fenomena seperti inilah yang selalu ingin saya pertanyakan. apakah mereka itu Tuhan ?? sehingga banyak sekali yang memuja-muja mereka, yang mangagung-agungkan mereka. apakah mereka itu juga seorang Rasul ?? sehingga banyak sekali orang-orang yang mengikuti tingkah laku mereka. Bila mereka bukan Tuhan, kenapa harus di agung-agungkan???. Bila mereka bukan Rasul, kenapa segala tingkah lakunya harus di ikuti ?? apakah perlu bersikap fanatik ???

Bila memang suka dengan musik mereka, bukankah seharusnya kalian hanya suka secara musikalitas saja, tanpa harus menyukai Life Style mereka. ekspresikanlah rasa suka terhadap musik mereka  itu secara wajar. jika ingin mengikuti mereka, ikutilah hal-hal yang positif dari mereka.

Dan daripada  mengikuti gaya hidup ataupun penampilan mereka, lebih baik  menjadi diri sendiri, berpenampilan dan bergaya hidup sesuai dengan kemauan sendiri.. Bukankah itu lebih baik ???

10 Mar 2012

Aurat bukan untuk dipamerkan

sebenernya paling males sih ngomentarin tentang orang lain, apalagi ngomongin pakaian yang dipake sama orang lain. tapi akhir-akhir ini, setelah gue beberapa hari keluar mengelilingi kota bandung dan gue ngeliat pakaian-pakaian yang dipake sama cewe-cewe sebagian besar hampir sama, yaitu saling berlomba-lomba dalam hal mengobral paha dan dada. maka dari itu, gue pun gatel pengen ngomongin masalah yang satu ini.

gue heran deh sama cewe-cewe sekarang, pada so-so'an ngobralin paha dengan pake celana yang super pendek. pada ngapain coba? mending deh kalo pahanya pada mulus. ini mah malah ada yang pahanya korengan. tapi ada yang bikin gue salut, mereka pake celana yang ngeliatan paha itu pas waktu malem-malem. padahal kan udara malem-malem itu dingin banget. gue aja yang pake jaket sama celana panjang masih kedinginan, nah ini yang pake baju super minim, malah ga kedinginan. kayanya antara kulit cewe sama udara dingin terjadi aksi saling tolak menolak deh. makannya cewe ga pernah kedinginan pake celana pendek tiap malem.

tapi ada juga sih yang ga mengobral paha sama dada, cuman dia pake celana sama bajunya yang ketat, sehingga lekukan tubuhnya yang bagaikan gitar spanyol terpampang dengan jelas. tapi ada yang lebih parah lagi, berjilbab, tapi pake baju yang ketat. kalo kata gue sih, kalo masih suka pake baju sama celana yang ketat, mendingan jangan pake jilbab deh.

sebenernya sih terserah mereka mau berpakaian kaya gimana juga. mau pake baju tanpa celana kek, mau pake baju transparan kek, atau mau ga pake baju sekalian ( telanjang ) juga terserah mereka. tapi, gatau kenapa akhir-akhir ini gue sensitif banget ngeliat cewe yang cara berpakaiaannya kaya gitu. pokonya gue ga suka deh ngeliatnya.

ga tau kenapa cewe-cewe sekarang cara berpakaiannya kaya gitu. padahal yang gue tau, seorang wanita muslim itu harus menutup auratnya. perintahnya ada ko di Alquran surat Al-Ahzab ayat 59 :

6 Mar 2012

Pendiam dan Pemalu. .

tiba-tiba inget waktu sabtu kemaren, waktu kopdar sama anak-anak Kancut Keblenger regional Bandung. waktu itu ada sebuah acara dimana setiap orang harus menilai  atau mengomentari setiap orang yang hadir dalam acara kopdar ini, dan mengungkapkannya pada selembar kertas. dan inilah beberapa penilaian dan komentar orang-orang yang hadir terhadap gue.

"Rizky itu ga banyak bicara. Pemalu ?? Pendiam ?? atau karena duduk di pojokan?? haha".


"Rizky pendiem banget, jangan mojok melulu dong sama Baim, hehe".


"Rizky, Vocalist Bukan?"


"Rizky, begitu pendiam dan sedikit pemalu"


"kayanya ini yang paling alim, heu. .paling pendiem. kasian yang lain pada bocor semua, haha".


"Rizky itu pendiem, mirip pak ustad, suka senyum-senyum sendiri, tidak banyak bicara".


"pendiem, malu-malu, tapi kalo udah kenal lama rame".


"keren, dari cibiru ke ciwalk, semangat ngeblognya".


"Rizky pendiem banget, kalo ketawa malu-malu gimana gitu. jangan diem aja dong. salam kenal ya Rizky".


"Rizky, well, gue ga pernah liat di grup rizky sulmatenya Bani. haha, pendiem tapi kalo ngomong jleb kayanya. bicaralah sebelum bicara itu bayar".

Dari semua penilaian dan komentar orang-orang sama gue, sebagian besar bilang kalo gue itu pendiem. well, gue emang pendiem ko, pemalu juga. tapi, itu kalo sama orang yang baru gue kenal. soalnya gue termasuk orang yang susah buat adaptasi sama orang-orang baru. kalo udah lama kenal, mungkin penilaian orang-orang tentang gue yang pendiem akan jadi terbantahkan. tapi gue juga bakal tetep pendiem kalo orang-orang disekeliling gue juga pendiem, atau pada ga rame orangnya. soalnya gue paling males gila sendiri diantara orang-orang yang pendiem. dan gue juga ga akan jadi pendiem kalo orang-orang disekeliling gue bukan orang-orang yang pendiem.

yeah, itulah sedikit tentang gue. tentang gue yang pendiem dan pemalu. .
oiya, satu lagi. .gue itu pemalu kalo lagi berhadapan sama orang yang gue suka. .haha

2 Mar 2012

Gara-gara Film Korea

Dari semua stasiun TV nasional yang ada, gue paling benci sama Indosiar. Loh ko benci? Pertama, karena di Indosiar ada sinetron yang ga jelas. Tau kan sinetron yang di ceritanya selalu menampilkan binatang-binatang, kaya naga, elang, macan, dll. Pokonya engga banget deh sinetronnya. Dan anehnya, nyokap gue suka nonton sinetron yang kaya gini. Gue sampe heran sendiri. Sejak kapan selera tontonan nyokap gue jadi rendah gini.

‘sinetron kaya gini tuh unik tau, jarang-jarangkan ada film yang nampilin binatang bohong-bohongan kaya gini’. Kata nyokap gue mantep sewaktu gue nanya kenapa suka sama sinetron yang kaya gini.

Kedua, yang gue benci dari Indosiar adalah gara-gara ada film korea. Ko bisa?? Iyalah, gara-gara ada film korea tiap sore gue jadi ga bisa nonton TV.  Soalnya kalo ada film korea, TV di rumah dikuasai sama kakak gue yang cewe. Padahal dulu kakak gue ga pernah nonton film korea deh, tapi ga tau kenapa sekarang jadi rajin banget nonton korea. Katanya sih yang maennya ganteng-ganteng, terus ceritanya juga dramatis, makannya jadi suka nonton film korea. Gue suka heran sama cewe-cewe sekarang, orang cowo –cowo yang maen di film korea mukanya kaya banci semua malah disebut ganteng. Gantengan juga gue kali !!

29 Feb 2012

Potret Kenangan KKN











Kegiatan sehari-hari yaitu mengunjungi rumah warga. Bukan untuk bersilaturahmi, tapi Cuma untuk sekedar minta makan. Untungnya urat malu kita semua udah pada putus, jadi ga pernah sungkan untuk minta makan ke rumah warga.



Padahal gue udah ganteng pake peci sama pake baju koko. Tapi tetep aja ga ada gadis desa yang naksir sama gue. #miris

 
Anak-anak kecil ini pada tercengang ketika gue kasih liat film bokep. Ga deng, ini waktu gue ngebimbel komputer. Anak-anak emang paling antusias waktu bimbel komputer.

 Cewe-cewe yang kaya gini nih yang ga ada di kota. Pada jago marawisan sama shalawatan. Bener-bener wanita idaman. Udah sholeh, cantik, jago shalawatan lagi. 


 Anak-anak yang pada ikutan bimbel. tampak wajah-wajah senang setelah mengikuti bimbel.

Ketauan banget waktu kecilnya ga pernah dapet piala, makannya piala buat orang laen pada di ambil. Kasian. 

28 Feb 2012

Musuh Waktu KKN

Waktu KKN gue punya musuh.  Musuh gue itu bukan kepala desa, bukan pa RW, bukan pa RT, bukan pa haji, bukan preman,  bukan juga kembang desa disana. Tapi, musuh gue itu adalah bocah ingusan kelas 4 SD. Yap, selama 1 bulan KKN, seringkali terjadi peperangan dahsyat antara gue dan musuh gue ini. Inilah foto musuh gue itu:

Jangan tertipu sama wajah lucu dan imut-imutnya. Ketahuilah, di balik kelucuan dan keimut-imutannya itu, dia menyimpan segala kekejaman.

Awal mula gue ketemu dia adalah waktu bimbingan belajar di posko tempat gue KKN. Waktu itu gue baru dateng lagi ke posko setelah 2 hari izin pulang gara-gara sakit. Pas gue sampe, ternyata udah banyak anak-anak SD kumpul pada bimbel. Gue pun langsung masuk, dan langsung ngobrol sama si asep yang lagi sibuk ngebimbel computer.
‘sep, gaya banget lo ngebimbel komputer !’
‘iyalah, kan gue dari jurusan informatika’. Jawab si asep mantep
‘trus gue bagian ngebimbel apaan dong’. Tanya gue.
‘ga tau tuh, kata si tinus sih lo di suruh ngebimbel matematika’. Kata si asep.
‘anjrit matematika !! gue ga bisa matematika’.

Tiba-tiba aja ada anak kecil yang dari tadi asik maen computer  langsung nyeletuk,

‘ah bodo ga bisa matematika, aku aja bisa’. Kata tu anak kecil
‘buset deh, gue di bilang bodo. Siapa ni sep?’. tanya gue ke si asep
‘si nisa, anak kelas 4. Gokil yah?? Liat aja tuh malah maen komputer sendiri, tadi aja pas gue coba ngajarin malah di usir sama dia’. Kata si asep

Itulah awal gue ketemu sama si nisa, musuh gue.  Gue inget banget pernah dikerjain sama dia waktu dia mau pamitan pulang bimbel.
‘ka Rizky, nisa pamit pulang dulu yah’. Kata si nisa sambil nyodorin tangannya buat salaman.
‘wah, tumben banget nih anak kecil bersikap baik’. Kata gue di dalem hati.
Gue pun bersiap menyambut sodoran tangan si nisa. Eh, tapi waktu gue mau nyambut tangannya, tu anak malah narik lagi sodoran tangannya sambil ketawa puas. Temen-temennya yang ngeliat kejadian itu , juga malah jadi ikut-ikutan ngetaain gue.
‘Sialan !! gue dikerjain’.

***

27 Feb 2012

Sebab Mahasiswa Telat Lulus Kuliah

Dari berjuta-juta mahasiswa yang ada di Indonesia, pasti ada beberapa mahasiswa yang lulusnya telat atau lulus tidak tepat pada waktunya. Kalo yang S1, lulusnya kan 4 tahun. Sedangkan D3, lulusnya 3 tahun. Tapi banyak mahasiswa yang lulusnya lebih dari 5 tahun, atau bahkan ada yang sampe ga lulus-lulus. Tentu yang seperti itu ada sebabnya. Dan inilah beberapa sebabnya.

1. banyak mata kuliah yang diulang

Sebab yang satu ini, biasanya dialami sama mahasiswa –mahasiswa yang kerasukan arwah si ‘setan males’. Efeknya, si mahasiswa jadi males kuliah. Mereka jadi lebih mentingin pacaran daripada kuliah. Lebih mentingin tidur daripada kuliah, lebih mentingin diem di organisasi daripada kuliah. Makannya banyak mata kuliah yang diulang. Hingga akhirnya telat lulus kuliah. Biasanya mereka baru pada tersadar dari rasukan si ‘setan males’ ketika mereka sudah berada di tingkat akhir. Ketika teman-temannya udah mulai nyusun skrpsi, sedangkan dia masih harus dipusingkan sama beberapa mata kuliah yang diulang.

Tapi, sebab yang satu ini bukan hanya dialami oleh mahasiswa yang kerasukan si setan males. Tapi juga sama mahasiswa yang otaknya di bawah rata-rata ( BODOH ). Sebenernya mahasiswa ini rajin kuliah, tapi tiap kuliah si mahasiswa ini ga pernah nangkep sama apa yang dijelasin oleh dosen. Alhasil waktu UTS sama UAS nilainya ANCUR semua. Hingga akhirnya harus ngulang. Biasanya mahasiswa yang kaya gini,kerjaan di kelasnya Cuma tidur, maenin hape, sama coret-coretin meja ga jelas. Makannya ga pernah nangkep omongan dosen.

Dan sebab yang satu ini juga bisa dialami sama mahasiswa yang punya masalah pribadi sama dosen. Misalnya si mahasiswa rebutan cewe sama si bapa dosen. Padahal tu cewe udah di incer sama tu dosen buat dijadiin istri ke-2. Karena kesel ada saingan makannya si dosen ngasih nilai jelek sama tu mahasiswa, hingga akhirnya tu mahasiswa harus ngulang. ( udah gagal dapet cewe, dapet nlai jelek pula ).