Pages

28 Feb 2012

Musuh Waktu KKN

Waktu KKN gue punya musuh.  Musuh gue itu bukan kepala desa, bukan pa RW, bukan pa RT, bukan pa haji, bukan preman,  bukan juga kembang desa disana. Tapi, musuh gue itu adalah bocah ingusan kelas 4 SD. Yap, selama 1 bulan KKN, seringkali terjadi peperangan dahsyat antara gue dan musuh gue ini. Inilah foto musuh gue itu:

Jangan tertipu sama wajah lucu dan imut-imutnya. Ketahuilah, di balik kelucuan dan keimut-imutannya itu, dia menyimpan segala kekejaman.

Awal mula gue ketemu dia adalah waktu bimbingan belajar di posko tempat gue KKN. Waktu itu gue baru dateng lagi ke posko setelah 2 hari izin pulang gara-gara sakit. Pas gue sampe, ternyata udah banyak anak-anak SD kumpul pada bimbel. Gue pun langsung masuk, dan langsung ngobrol sama si asep yang lagi sibuk ngebimbel computer.
‘sep, gaya banget lo ngebimbel komputer !’
‘iyalah, kan gue dari jurusan informatika’. Jawab si asep mantep
‘trus gue bagian ngebimbel apaan dong’. Tanya gue.
‘ga tau tuh, kata si tinus sih lo di suruh ngebimbel matematika’. Kata si asep.
‘anjrit matematika !! gue ga bisa matematika’.

Tiba-tiba aja ada anak kecil yang dari tadi asik maen computer  langsung nyeletuk,

‘ah bodo ga bisa matematika, aku aja bisa’. Kata tu anak kecil
‘buset deh, gue di bilang bodo. Siapa ni sep?’. tanya gue ke si asep
‘si nisa, anak kelas 4. Gokil yah?? Liat aja tuh malah maen komputer sendiri, tadi aja pas gue coba ngajarin malah di usir sama dia’. Kata si asep

Itulah awal gue ketemu sama si nisa, musuh gue.  Gue inget banget pernah dikerjain sama dia waktu dia mau pamitan pulang bimbel.
‘ka Rizky, nisa pamit pulang dulu yah’. Kata si nisa sambil nyodorin tangannya buat salaman.
‘wah, tumben banget nih anak kecil bersikap baik’. Kata gue di dalem hati.
Gue pun bersiap menyambut sodoran tangan si nisa. Eh, tapi waktu gue mau nyambut tangannya, tu anak malah narik lagi sodoran tangannya sambil ketawa puas. Temen-temennya yang ngeliat kejadian itu , juga malah jadi ikut-ikutan ngetaain gue.
‘Sialan !! gue dikerjain’.

***


Beberapa hari selanjutnya, gue kabagian jadwal ngajar di SD. Pas banget gue ngajar dikelas 4.
‘wah, pas banget nih buat gue bales dendam sama si nisa. Pokonya ntar gue suruh si nisa ke depan terus buat ngerjain soal’. Gumam gue, yang udah ngerencanain rencana busuk buat si nisa.

Oiya, sekolahan ini lucu loh, kalau masuk kelas harus buka sepatu dulu. Gue pun jadi ikut-ikutan buka sepatu. Dan pas gue masuk ke kelas. Buset deh, ternyata anak-anaknya bandel semua. Ada yang lagi berantem, ada yang lagi maen kartu, ada yang lagi nangis, ada yang lagi maen bola dikelas. Parah ni kelas, gue jadi kelimpungan sendiri gara-gara ngatur anak-anak bandel ini supaya mau tenang. Dan yang paling susah di atur itu si nisa, dia malah sengaja ga mau duduk, dan malah berdiri di atas meja. ‘gila ni anak’. Gumam gue sambil geleng-geleng kepala. Akhirnya setelah gue pelototin sedikit, tu anak nurut juga mau duduk.

Gue pun mulai nulis soal di whiteboard. Pas gue lagi asik nulis soal, tiba-tiba si Nisa maju ke depan sambil tereak,
‘temen-temen, tulisan ka Rizky jelek banget yah kaya ceker ayam’.
‘whahahahahahahahaha’. Sontak aja seisi kelas pada ketawa.
‘Sialan !! tulisan gue dibilang jelek’. Maki gue.
Anak-anak yang tadinya udah tenang, sekarang malah pada rebut lagi gara-gara ulah si nisa. Gue malah jadi repot ngurusin anak-anak, misahin anak yang lagi berantem. Alhasil niat buat ngejailin si nisa pun gagal. 

Jam ngajar pun selesai. Gue lega banget. Akhirnya gue bisa terbebas dari siksaan anak-anak bandel ini. Gue pun keluar kelas dengan lemes. Dan saat gue keluar kelas, gue ngeliat sepatu gue ilang sebelah. ‘Wah, siapa yang ngambil nih’. Kata gue. Gue pun sibuk nyari-nyari. Dari kejauhan, gue liat si nisa ketawa-ketawa setan penuh kepuasan. Wah, ga salah lagi nih pasti tu anak yang numpetin.

‘heh nisa, sepatu kakak balikin’. Tereak gue.
‘cari aja sendiri, wleeee’. Kata si nisa, sambil ngejulurin lidahnya.
Kampret, gue kena dikerjain si nisa lagi. Untungnya ada salah satu anak yang ngasih tau kalo sepatu gue ada di dalem kelas, tepatnya ada di kolong meja. Hari ini gue sial !!

***

Di hari selanjutnya, pas jadwal bimbel. Si nisa lagi asik ngobrol sama temen-temennya. Waktu itu gue iseng fotoin si nisa. Eh, gataunya gue dapet foto si nisa pas lagi manyun. Gue pun langsung kasih liat ke si nisa. Si nisa langsung marah, minta di hapus fotonya. Tapi gue malah ngasih liat ke temen-temen yang lainnya. Sontak aja temen-temennya yang ngelat pada ketawa. Si nisa pun marah sama gue. ‘ka Rizky mah jahat, ga mau ngobrol sama ka rizky lagi ah nisa mah’.

Setelah kejadian ini, gue udah jarang ngobrol sama si nisa. Tiap ketemu, dia malah ngebuang muka, ga mau ngeliat gue. Dan keadaan ini berlanjut sampai hari-hari terkhir KKN. Dan lama-lama gue jadi kangen juga sama si nisa. Sepi, ga ada yang ngejailin gue lagi. Gue pun berniat mengadakan perjanjian damai sama si nisa. Tapi si nisanya ternyata ga mau damai sama gue. *sedih*

3 hari sebelum kepulangan gue dari tempat KKN, gue malah sakit. Gue ga bisa ngapa-ngapain. Panas di badan gue tinggi banget. Batuk-batuk gue uga makin parah. Gue terpaksa di kompres sama temen-temen gue. Tiba-tiba aja si nisa dateng, maen ke posko KKN. 

‘nisa, ka Rizky sakit nih, Tengokin gih’. Kata si tinus
‘ga mau ah, ka Rizky mah jahat’. Kata si nisa
‘heh, ga boleh gitu ah. Gitu-gitu juga kan ka rizky itu kakak kamu’. Kata si tinus.

Si nisa pun mau nengokin gue, dan masuk ke kamar.

‘ka Rizky . .’. kata si nisa.
Gue Cuma senyum.
‘ka Rizky kenapa?’. Kata si nisa lagi.
‘sakit’. Jawab gue singkat.
Tiba-tiba si nisa keluar kamar.
‘udah ah nengoknya, ka rizky nya juga sombong’. Kata si nisa.
Gue yang ngedenger si nisa ngomong kaya gitu Cuma senyum-senyum aja. Bukannya sombong, tapi gue emang lagi sakit. Ga bisa ngomong banyak.

Pas siangnya, gue ngedenger ada suara rebut-ribut diluar. Eh, ternyata ada segerombolan anak SD yang dipimpin sama si nisa dateng mau pada nengokin gue. Mereka dateng sambil bawain gue roti, sama obat batuk. Gila, baru kali ini gue sakit ditengokin sama anak SD, dibawain roti lagi. Gue terharu. Pengen nangis, tapi gue tahan. Malu, kalo di depan anak-anak SD harus nangis.

‘ka Rizky cepet sembuh yah, ini ada roti sama obat dari nisa sama temen-temen. Jangan lupa dimakan yah roti sama obatnya’. Kata si nisa yang ngewakilin temen-temennya ngomong.
‘makasih yah’. Jawab gue pelan, tiba-tiba aja suara gue susah buat keluar.

Gue pun nyubit pipi si nisa, gemes sama ini anak. Ga nyangka, ternyata di balik sikap katidakprikemanusiaannya terhadap gue, tu anak bisa bersikap baik juga sama gue. 

Yeah, jadi pengen punya adik deh. . .

5 komentar:

  1. kkn dimana gan? aku juga kmaren kkn..
    aku kangen sama anak2 sd sana,, lucu2, polos2, dan mereka welcome semua sama kedatangan kita,,
    waktu mau perpisahan pun, semua pada nahan air mata.
    ternyata, kalo kita ngerasa dibutuhin orang lain itu rasanya 'sesuatu' ya,, :)

    BalasHapus
  2. waduh.. inget lho dari benci bisa jadi cinta, kayaknya bakal cinlok nih #eaaa

    BalasHapus
  3. haha, ngakak liat komentar ka' tammi .. cinlok! cinlok! cinlok gak!? #maksa-_-

    BalasHapus
  4. haha..masa cinlok sama anak SD. sorry gue bukan pedofil. .haha

    BalasHapus
  5. @erina julia : KKN di daerah majalaya, kalo kamu KKN dimana ??

    BalasHapus