Pages

27 Feb 2012

Sebab Mahasiswa Telat Lulus Kuliah

Dari berjuta-juta mahasiswa yang ada di Indonesia, pasti ada beberapa mahasiswa yang lulusnya telat atau lulus tidak tepat pada waktunya. Kalo yang S1, lulusnya kan 4 tahun. Sedangkan D3, lulusnya 3 tahun. Tapi banyak mahasiswa yang lulusnya lebih dari 5 tahun, atau bahkan ada yang sampe ga lulus-lulus. Tentu yang seperti itu ada sebabnya. Dan inilah beberapa sebabnya.

1. banyak mata kuliah yang diulang

Sebab yang satu ini, biasanya dialami sama mahasiswa –mahasiswa yang kerasukan arwah si ‘setan males’. Efeknya, si mahasiswa jadi males kuliah. Mereka jadi lebih mentingin pacaran daripada kuliah. Lebih mentingin tidur daripada kuliah, lebih mentingin diem di organisasi daripada kuliah. Makannya banyak mata kuliah yang diulang. Hingga akhirnya telat lulus kuliah. Biasanya mereka baru pada tersadar dari rasukan si ‘setan males’ ketika mereka sudah berada di tingkat akhir. Ketika teman-temannya udah mulai nyusun skrpsi, sedangkan dia masih harus dipusingkan sama beberapa mata kuliah yang diulang.

Tapi, sebab yang satu ini bukan hanya dialami oleh mahasiswa yang kerasukan si setan males. Tapi juga sama mahasiswa yang otaknya di bawah rata-rata ( BODOH ). Sebenernya mahasiswa ini rajin kuliah, tapi tiap kuliah si mahasiswa ini ga pernah nangkep sama apa yang dijelasin oleh dosen. Alhasil waktu UTS sama UAS nilainya ANCUR semua. Hingga akhirnya harus ngulang. Biasanya mahasiswa yang kaya gini,kerjaan di kelasnya Cuma tidur, maenin hape, sama coret-coretin meja ga jelas. Makannya ga pernah nangkep omongan dosen.

Dan sebab yang satu ini juga bisa dialami sama mahasiswa yang punya masalah pribadi sama dosen. Misalnya si mahasiswa rebutan cewe sama si bapa dosen. Padahal tu cewe udah di incer sama tu dosen buat dijadiin istri ke-2. Karena kesel ada saingan makannya si dosen ngasih nilai jelek sama tu mahasiswa, hingga akhirnya tu mahasiswa harus ngulang. ( udah gagal dapet cewe, dapet nlai jelek pula ).


2. belum siap lulus kuliah

Sebab yang satu ini biasanya dialami sama mahasiswa yang belum siap sama keadaan setelah lulus nanti. Sebenarnya mahasiswa yang kaya gini udah beres nyelesein mata kuliah dan tinggal beresin skripsi. Tapi berhubung dia takut sama keadaan setelah lulus nanti, dimana dia harus cari kerja, ngelamar kerja kesana-kemari, belum lagi banyak saingannya. Dan harus saling sikut, saling tendang, saling pukul, saling menjatuhkan antar sesame pesaing dalam mencari kerja ( udah kaya sepakbola antar kampong aja ). Karena belum siap sama keadaan inilah makanya mahasiswa seperti ini belum mau lulus kuliah, hingga akhirnya telat lulus kuliahnya.

3. pusing sama skripsi

Padahal tinggal satu langkah lagi menuju kelulusan, tetapi berhubung skripsi itu bikin pusing hingga akhirnya si mahasiswa GALAU, mikirin skripsi. Hingga ga berapa lama kemudian si mahasiswa stress gara-gara mikirin skripsi. sampai pada akhirnya mahasiswa ini males untuk ngerjain skripsi.

Tips untuk yang satu ini : skripsi itu bukan untuk dipikirin, tapi untuk dikerjain. #eeeeaaaaaa

4. belum punya pendamping buat wisuda

Mahasiswa yang kaya gini biasanya udah tinggal diwisuda, tapi berhubung belum punya pendamping untuk wisuda nanti, akhirnya si mahasiswa mutusin untuk menunda kelulusannya dulu dan memilih untuk mencari pasangan terlebih dahulu. Soalnya zaman sekarang punya pendamping buat wisuda itu adalah hal yang WAJIB.  Hingga banyak mahasiswa yang berprinsip, ‘ga akan lulus kuliah dulu sebelum punya pendampin wisuda’. kalo ga dapet-dapet pendamping, berarti mahasiswa kaya gini ga akan pernah lulus kuliah.

Itulah beberapa sebab mahasiswa yang telat lulus kuliahnya. Kalo nanti gue telat lulus kuliah sebabnya apa yah?? Ih amit-amit. Pokonya gue pengen lulus kuliah tepat waktu. Biarin deh belum punya pendamping buat wisuda juga, yang penting mah LULUS !!

4 komentar:

  1. busetttttt.. pendamping buat wisuda penting ya? :(

    BalasHapus
  2. ahh gue no. 3 nih :(

    BalasHapus
  3. nomor 2 dan 3 adalah alasan gue
    http://ketawayuklah.blogspot.com/2014/11/di-waktu-yang-tepat.html?m=1

    BalasHapus