Pages

27 Apr 2012

Kenakalan Remaja Labil


Remaja adalah seseorang yang labil, yang mudah sekali terpengaruhi. Sehingga banyak sekali menimbulkan permasalahan-permasalahan pada remaja. kemudian permasalahan-permasalahan itu berkembang menjadi suatu hal yang sering kita kenal dengan sebutan “ Kenakalan Remaja”. Yaitu suatu fenomena dimana para remaja melakukan kenakalan-kenakalan yang sekarang ini semakin marak terjadi di kalangan remaja. Boleh jadi ini adalah realita yang mengkhawatirkan, karena sekarang udah banyak sekali para remaja yang berani melakukan pelanggaran-pelanggaran susila, baik pria maupun wanita.

Tawuran, seks bebas, pake narkoba, negak alcohol adalah merupakan kenakalan-kenakalan remaja yang sering terjadi. Tetapi untuk saat ini, kenakalan yang sering gue denger adalah seks bebas. Mahasiswa, SMA, bahkan Anak SMP kebanyakan pernah melakukan seks bebas. Parah bukan ??? mungkin bagi sebagian orang sih hal ini udah biasa, tapi bagi gue ini udah terlalu parah. dimana harga dari sebuah keperawanan sudah tak lagi bernilai. Hilang begitu saja karena tergoda kenikmatan sesaat yang dibisikan SETAN !!! bahkan mereka sepertinya tidak punya rasa malu, dan cenderung narsis, ketika para wanita yang memamerkan aurat kemana-mana, dilengkapi oleh para laki-laki yang cenderung ingin melampiaskan hawa nafsunya sehingga pada akhirnya terjadilah perbuatan dosa ini.






Sorry kalo gambarnya bikin mupeng


Dari sini, maka akan muncul sebuah pertanyaan “ Qo bisa sih mereka kaya gitu ?” pasti ada sebabnya kan ?
nah disini gue bakalan ngasih tau sebab-sebab kenapa remaja bisa terjerumus sama hal kaya gitu.
 
1. orang tua.
 
Orang tua merupakan faktor yang berada di posisi tertinggi dalam sebab kenakalan remaja ini. ada pepatah bilang kalo “kelakuan seorang anak tergantung bagaimana cara orangtua nya mendidik anak tersebut.” seorang anak bisa melakukan kenakalan remaja karena disebabkan orangtua nya salah dalam mendidik anak tersebut. Mungkin disini diartikan kurangnya perhatian atau kasih sayang dari orang tua nya atau mungkin Orang tua yang terlalu keras dalam mendidik anak, sehingga si anak cenderung untuk memberontak dan bebas melakukan apa saja tanpa ada pengawasan dari orang tua.
 
2. pergaulan
 
Disini, seorang remaja pasti memiliki teman bergaul. Apakah ia berteman dengan orang yang baik-baik 
ataupun sebaliknya. Jika ia berteman dengan orang-orang yang negatif kelakuannya maka ia secara tidak langsung pasti akan terpengaruhi dan terbawa ke kelakuan-kelakuan yang negatif dari teman-temannya itu.
 
3. remaja itu sendiri
 
Ini adalah faktor yang menentukan. Apakah seorang remaja ini ingin melangkah kearah yang benar atau kearah yang salah. Dalam faktor ini, sikap remaja itulah yang akan menetukannya.
 
4. pengaruh film
 
Pada sekarang ini, seringkali ada adegan-adegan film yang menampilkan kekerasan dan adegan-adegan porno. remaja, yang emang pada dasarnya sering berkelakuan atas apa yang dilihatnya. maka ia akan meniru apa yang telah dilihatnya. jika yang sering diliatnya adalah sesuatu yang ga bener maka kelakuannya juga jadi ga bener.
 
5. ingin disebut GAUL 
 
Banyak dari mereka yang melakukan kenakalan remaja hanya karena ingin meraih gelar GAUL, karena sekarang ini bagi yang belum melakukan kenakalan-kenakalan, maka ia disebut GA GAUL alias KAMPUNGAN. .

Ada beberapa solusi untuk para remaja agar tidak melakukan kenakalan remaja..
 
1. baik-baiklah dalam memilih teman.
 
Jangan sampai kalian para remaja salah dalam memilih teman. pilihlah teman yang baik dalam segi apapun.  tapi sebenernya sih berteman boleh dengan siapa saja, bahkan dengan yang kelakuannya negatif sekalipun. asalkan kita bisa menjaga diri dan kuat iman sehingga kita tidak terpengaruh oleh mereka. tapi mengingat remaja masih pada labil, maka sangat kecil kemungkinan untuk bisa menjaga diri. 
 
2. carilah kesenangan yang positif.
 
kesenangan bukanlah segalanya dalam hidup. Remaja memang cenderung ingin selalu hidup senang, tetapi ia selalu salah dalam mencari kesenangan. Selalu aja Mereka mencari kesenangan dari hal-hal yang negatif. Padahal banyak sekali kesenangan yang bisa didapat dari hal-hal yang positif.
 
3. di Pake Otaknya
 
coba deh otaknya agak dipake sedikit. Kalau kalian melakukan kenakalan-kenakalan kaya gitu bisa dipastikan masa depan kalian pasti ancur, gelap, dan ga jelas . .
 
4. dekatkan diri pada Allah.
 
Dengan mendekatkan diri kepada Allah dan melaksanakan perintah-perintahnya, terutama Shalat, maka kalian akan terjauh dari hal-hal yang negatif. karena ada suatu ayat Al-Quran yang mengatakan, ". . dirikanlah Shalat, karena Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. ." ( Q.S. Al-Ankabut : 45 )




Semoga tulisan ini bisa menjadi bahan evaluasi dan intropeksi diri…amien




5 komentar:

  1. yang nomor 5 penyebab "ingin disebut GAUL" gue setuju kalo itu nggak banget, gaul kok gitu caranya. itu mah norak kalo menurut gue. gaul itu otaknya cerdas,hehehe *sok cerdas gue*

    BalasHapus
  2. setuju om! ya senakal-nakalnya gue sih gak ampe merugikan orang lain juga, untungnya. hihihi. anyway biasanya cowo kan suka nakal, lo gimana tuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nakal sih, tapi gue nakalnya ga parah-parah banget. palingan nakalnya suka maling kancut tetangga. .hha

      Hapus
  3. astaghfirullah itu fotonya.. *ngilerrr* #ehSalahFokus :D

    BalasHapus
  4. solusi nomer 3 dan 4 setuju deh.. :))

    BalasHapus