Pages

9 Apr 2012

Perjuangan Awal Skripsi Mampus

whoooaaaaa, udah lama nih ga bikin postingan. yeah, ceritanya kemaren-kemaren gue disibukkan sama proposal skripsi gue ( cieee yang udah skripsi ) makannya gue terpaksa berpaling sejenak dari blog tercinta ini. sebenernya males banget sih ngurusin skripsi, tapi adanya tuntutan supaya gue lulus tepat waktu membuat gue mau ga mau harus ikhlas berteman dengan si skripsi ini. dan pas hari kemis kemaren, gue udah melewati tahap awal dari skripsi. yaitu seminar proposal skripsi.

sehari sebelum seminar proposal skripsi, gue mengalami kegalauan yang luar biasa. gue takut kalo proposal skripsi gue ga diterima. dan yang paling bikin gue takut adalah gue kebagian dosen penguji yang Killer, yang sering nyusahin mahasiswanya. untuk mengantisipasi penguji kaya gitu, gue pun udah menyiapkan beberapa cara agar lolos dari bantaian si dosen penguji. 

cara yang pertama yaitu pas seminar besok gue mau bawa samurai. jadi kalo tu dosen penguji nyusahin gue dengan ngasih pertanyaan-pertanyaan yang susah-susah, gue tinggal ngegorok leher si penguji dengan samurai yang gue bawa. sayangnya cara yang satu ini sangat beresiko.


cara yang kedua yaitu gue bakalan masang muka yang menyedihkan, kali aja tu dosen penguji ngerasa iba ngeliat tampang sedih gue, dan akhirnya si dosen penguji ngelulusin proposal skripsi gue. .

dan kalo dua cara itu masih gagal, maka jurus terakhir yang bakalan gue lakuin yaitu gue bakalan mewek sekenceng-kencengnya di ruang seminar. dan gue ga akan berhenti mewek sebelum si dosen penguji ngelulusin proposal skripsi gue. dan mungkin inilah cara yang terbaik. sebenernya sih cara yang terbaik adalah ngapalin agar menguasai semua materi proposal skripsi yang udah gue bikin. tapi sayangnya gue lagi kemasukkan si setan males makannya gue lebih milih maen game harpesmun daripada ngapalin.

lagi asik maen harpesmun, tiba-tiba gue dapet SMS dari temen gue. katanya besok pengujinya si Mr.X sama si Mr. Y ( nama sengaja di samarkan biar ga merusak nama baik ). dapet SMS kaya gitu gue langsung joget-joget ga jelas ngeluapin rasa seneng gue. gimana ga seneng, soalnya tu 2 orang dosen penguji dikenal sebagai dosen yang baik, yang ga pernah nyusahin mahasiswa. tau 2 dosen itu yang jadi penguji, gue pun ga jadi ngapalin materi proposal skripsi dan malah begadang nonton liga champions, soalnya gue yakin tanpa ngapalin pun tu dosen penguji bakalan meluluskan proposal skripsi gue..

hari pertempuran pun dimulai. begonya, gue malah bangun kesiangan. jadwal seminarnya itu jam 9, dan gue baru sukses bangun jam 9 kurang 15 menit. setelah mandi ala kadarnya, gue pun langsung cabut menuju tanah suci kampus, dengan misi ingin menjadi mahasiswa yang mabrur ( lo kira naik haji ?? ). dengan langkah percaya diri gue pun masuk menuju ruang seminar. dan ternyata seminarnya belum dimulai, gara-gara si dosen penguji yang satunya lagi belum dateng. tiba-tiba ada pemberitahuan, kalo si Mr. Y ga bisa dateng buat jadi penguji. alhasil pengujinya diganti sama si Mr. Z, yang dikampus dikenal sebagai dosen paling Killer, yang paling nyusahin mahasiswanya. Mampus Anjis !! bakalan dibantai nih gue sama si penguji.

kepercayaan diri tiba-tiba  meluntur, berganti dengan kegelisahan dan ketakutan. gue pun langsung sibuk buka proposal skripsi gue. baca-baca sedikit, kali aja ada sedikit materi yang bisa masuk ke otak gue. keringet dingin mulai keluar. dan yang paling bikin kesel, kalo udah gelisah kaya gini bawaannya gue pengen boker mulu. alhasil kegiatan ngapalin gue jadi berantakkan, gara-gara konsentrasi menjadi terbelah. antara konsentrasi buat ngapalin sama konsentrasi buat nahan boker.

giliran gue buat maju pun tiba. gue pun mempresentasikan proposal skripsi gue. saking gelisahnya, gue ngomongnya jadi blepotan. kadang kecepetan kadang juga gagap ngomongnya. beres presentasi, sesi tanya jawab, dan pengkritikkan pun dimulai. si dosen killer pun mula ngebacot ngekritik skripsi gue. dari mulai latar belakang masalah, tujuan dan kegunaan, kerangka berpikir sukses di kritikki si penguji. bahkan sedikit salah pengetikkan juga di kritik. dan si dosen killer ini bilang kalo proposal skripsi gue berantakkan. gue pun ga tinggal diam, gue mencoba untuk berargumen. sialnya. tiap gue mau berargumen, si penguji selalu memotong omongan gue. ga kesel gimana coba?? kampret, gue lupa ga bawa samurai. kalo ga udah daritadi tu kepala s penguji gue penggal. sayang niat baik gue itu ga terlaksana gara-gara gue lupa bawa samurai.

berbanding tebalik dengan si dosen killer, dosen penguji yang satu lagi ternyata begitu sangat bersahabat. beliau malah bilang cukup puas dengan proposal skripsi gue, dan hanya ada beberapa bagian saja yang mesti ditambahkan. yeah, untung aja penguji yang satunya lagi ngasih pujian, jadi rasa kesel gue sama si penguji killer sedikit terlupakkan. dan akhirnya proposal skripsi gue dinyatakan lulus, tapi ada beberapa bagian yang harus di revisi. 
ada perasaan lega mendengar hal ini. .inilah awal perjuangan gue untuk skripsi yang terkadang bikin mampus. .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar