Pages

13 Mar 2012

Fanatisme Musik Underground

pada zaman sekarang ini, hal yang sangat digandrungi oleh anak muda adalah musik. bagi mereka musik adalah teman hidup, tanpa musik, hidup terasa tak berirama, bagai pacaran tanpa cipokan, begitulah analoginya. 

dan melihat kenyataan sekarang, dari berbagai jenis musik yang ada, musik yang sangat disenangi oleh anak muda adalah musik underground, yang di dalamnya terdapat beberapa genre, seperti metal, hardcore, emo, punk, dll.

entah karena berbeda dari musik mainstream , entah karena lagunya tidak mendayu-dayu, entah karena lebih idealis, entah karena lebih enak didengar atau entah karena apa, ternyata musik seperti ini sangat di sukai oleh anak muda sekarang. bahkan ada beberapa diantara mereka yang mengekspresikan rasa kecintaan mereka terhadap musik seperti ini dengan cara yang  berlebihan atau mungkin biasa dikenal dengan sebutan fanatik.

mereka yang menyebut dirinya anak Punk, mereka berpakaian layaknya ‘anak punk’; Rambut mohawk, tindik telinga dan hidung, bertatoo, sepatu boot Dr.Martin, jaket dan celana jeans. Mereka yang mengaku dirinya hardcore berpakaian lebih sporty, celana army selutut, syal di kepala menutupi alis mata, dan aksesoris lainnya. mereka yang mengaku Emo, rambut ala emo yang poninya menutupi mata, dandanan gothic, dengan mata memakai cela, dengan pakaian yang serba hitam.

mereka juga mengikuti segala prilaku yang dilakukan oleh para pemain band favorit mereka, yang justru yang diikuti adalah hal-hal yang negative dari mereka, seperti misalnya suka meminum minuman beralkohol.

fenomena seperti inilah yang selalu ingin saya pertanyakan. apakah mereka itu Tuhan ?? sehingga banyak sekali yang memuja-muja mereka, yang mangagung-agungkan mereka. apakah mereka itu juga seorang Rasul ?? sehingga banyak sekali orang-orang yang mengikuti tingkah laku mereka. Bila mereka bukan Tuhan, kenapa harus di agung-agungkan???. Bila mereka bukan Rasul, kenapa segala tingkah lakunya harus di ikuti ?? apakah perlu bersikap fanatik ???

Bila memang suka dengan musik mereka, bukankah seharusnya kalian hanya suka secara musikalitas saja, tanpa harus menyukai Life Style mereka. ekspresikanlah rasa suka terhadap musik mereka  itu secara wajar. jika ingin mengikuti mereka, ikutilah hal-hal yang positif dari mereka.

Dan daripada  mengikuti gaya hidup ataupun penampilan mereka, lebih baik  menjadi diri sendiri, berpenampilan dan bergaya hidup sesuai dengan kemauan sendiri.. Bukankah itu lebih baik ???

5 komentar:

  1. Setuju.. :D , bahkan di daerah saya sudah mulai ada komunitas2 anak emo,, dan yang anehnya ketika saya tanya apa itu makna 'emo' kepada mereka.. mereka malah ngga bisa jawab.. wkwkwkkwk..
    ok..
    salam kenal bro.. :D

    BalasHapus
  2. serem deh kalo kita sampe mengidolakan orang. karena di KBBI, IDOLA artinya... BERHALA. mampus gak tuh!

    gue suka indie, kayak Mocca, The Banery, dan CUTS. kalo elo?

    oh iya satu lagi : anak punk di Indo alay2

    BalasHapus
  3. gue juga suka indie, kaya efek rumah kaca, danger ranger, angsa dan serigala, rocket rockers, dll.

    anak punk di indo identik dengan tukang ngamen. .

    BalasHapus
  4. hidup dg gaya sendiri itu lebih nyaman, setuju :)gak ada yg dibuat2 pula. apa ada'y, namun bukan berarti tak berusaha utk mjdi lebih baik ;)

    BalasHapus
  5. Biasanya musik itu cerminan keadaan sosial masyarakat, brok. Banyak orang yang mengkultuskan musik underground, punk, dan sejenisnya karena itu refleksi pemberontakan dari dalam diri, aktualisasi diri terhadap dunia yang remeh-temeh, tapi itu kan menurut kesotoyan gue aja sih. hehehehe

    BalasHapus