Pages

5 Jan 2012

MASALAH !!!!

Masalah. Apa sih masalah itu? Ko kayanya hidup manusia akrab bener sama yang namanya masalah. Masalah itu ada karena adanya kesenjangan antara yang kita inginkan dengan kenyataan.  Kata dosen filsafat gue,  manusia itu disebut Homo Problematicus. Yang artinya makhluk yang selalu memiliki masalah dalam hidupnya. Jadi bagi orang-orang yang ngerasa banyak masalah dalam hidupnya, tersenyumlah. . karena kalian termasuk dalam kategori manusia.


Bagi gue, Masalah itu ibarat tamu tak diundang. Yang bakalan tetap datang meskipun kehadirannya tidak kita harapkan.  Dan ketika si ‘tamu tak diundang’ itu datang ke hidup kita, maka tugas kita adalah. . mempersilahkannya masuk, lalu mepersilahkan duduk, dan kemudian kasih aer minum.  Soalnya mungkin aja tuh si masalah dateng dari tempat yang jauh, jadi perlu dikasih aer. Kali aja dia haus. Namanya juga tamu kan. Berarti harus ditata dan di jamu. . hhe ( becanda dikit ).  ketika masalah datang menghampiri kita, maka tugas kita sebenernya  adalah keluar dari masalah. Keluar bukan berarti lari dari masalah, tapi  keluar disini adalah menyelesaikan masalah.  Bila kita berhasil menyelesaikan masalah, maka masalah-masalah yang lain akan menghampiri kita. Itulah takdir kita sebagai manusia. Selalu dihampiri oleh masalah.  Dan berhubung gue adalah manusia, maka gue juga selalu dihampiri oleh masalah.

dan yang paling ngeselin ketika gue dapet masalah adalah si masalah itu datengnya keroyokan. nyelesein satu masalah aja susahnya minta ampun, apalagi kalo masalahnya banyak. Kan bisa bikin orang jadi ga waras. Yeah, tapi meskipun masalah terkadang datengnya keroyokan, tapi gue yakin ko kalo gue bakalan bisa nyelesein semua masalah itu. Soalnya gue percaya, kalo Allah ga bakalan ngasih gue masalah yang diluar batas kemampuan gue.  

Tapi, di kondisi-kondisi tertentu, terkadang gue ga bisa nyelesein masalah-masalah yang dateng ke hidup gue itu sendirian. Gue juga butuh bantuan orang lain buat nyelesein masalah-masalah gue. Gue ini bukan manusia super.  Ga selamanya gue berada di kondisi yang terbaik  Kemampuan gue terbatas. Makannya terkadang gue butuh bantuan orang lain buat nyelesein masalah-masalah gue.  Dan yang harus pertamakali dimintai pertolongannya adalah Allah. Karena Dia-lah Yang Maha Penolong.

Lalu gimana cara gue nyelesein masalah ??  gampang ko, jawabannya adalah, pake akal !! bukankah Allah ngasih kita akal buat berpikir. Dan hanya dengan berpikirlah, gue bisa nyelesein setiap masalah yang dateng kehidup gue.  Dan dengan pikiran yang bersihlah, masalah itu bisa selesai.  Sebenernya nyelesein masalah itu simple caranya, tapi kadang orang-orang ga pernah sadar akan hal itu. Makannya gue suka heran sama orang-orang yang jadi gila, atau bahkan sampe bunuh diri, gara-gara ga sanggup nyelesein masalahnya. 

“Percayalah, kalo setiap masalah itu ada jalan keluarnya. Dan untuk mendapatkan jalan keluar itu mintalah pertolongan kepada Allah, karena hanya Dia-lah yang bisa menolong kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar