Pages

11 Jan 2012

Setitik Cahaya di Gelapnya Akhir Perjalanan Kuliah

Ga kerasa, sekarang gue udah berada di ujung perjalanan kuliah gue. perasaan baru kemaren deh gue masuk TK, tapi ko sekarang gue udah kuliah semester akhir lagi. yeah, bener kata orang-orang, waktu terasa begitu cepat berlalu. dan di ujung perjalanan kuliah gue, entah kenapa semuanya menjadi sangat menyulitkan. gue dituntut untuk bisa lulus tepat waktu dan waisuda di bulan Oktober nanti. tapi tampaknya keadaan sangat tidak bersahabat, dan mungkin saja bisa menyebabkan gue ga akan bisa wisuda tahun ini. sepertinya gue sedang berada di kelamnya akhir perjalanan kuiah.

dimulai saat gue pengen ikutan seminar usulan peneltian skripsi. selama 3 bulan di semester 7, gue fokus untuk nyelesein usulan penelitian skripsi gue. gue rela ngorbanin waktu maen dan tidur gue cuma buat ngerjain tugas sialan ini. dan pada akhirnya gue berhasil nyelesein usulan peneltian skripsi ini dengan susah payah. hingga waktu untuk seminar pun tiba. gue pun segera mempersiapkan segalanya. dan gue udah memenuhi segala persyaratan untuk ikutan seminar ini. tapi, ketika gue mau daftar seminar. kabar buruk sampai ke telinga gue hingga merusak sistem kerja otak gue. kata petugas seminar, gue ga bisa ikutan seminar usulan penelitian skripsi. soalnya gue ga masukin seminar usulan penelitian skripsi ini ke KRS ( kartu Rencana Studi ) gue. sialan !! gue sempet kesel. kenapa dulu ga ada pemberitahuan kalo buat ikutan seminar gue harus masukin seminar ini ke KRS.


Putus asa pun menghampiri, gue udah cape-cape bikin usulan penelitian skripsi, tapi gue malah ga bisa ikutan seminar. gue baru bisa ikut seminar di bulan januari. tapi ketika udah masuk bulan Januari, ternyata gue masih belum bisa ikutan seminar. soalnya KRS untuk semester 8 belum bisa dibagiin, dan baru dibagiin tanggal 20 nanti. sedangkan jadwal seminar itu tanggal 19 sama tanggal 26. tanggal 19 udah pasti ga mungkin bisa ikut. tanggal 26 sebenernya gue bisa ikut seminar, tapi tanggal 24 itu gue udah berangkat KKN. dan KKN ini baru beres tanggal 24 februari nanti. jadi gue bisa seminarnya bulan maret nanti. kalo seminarnya bulan maret, berarti waktu gue untuk nyelesein skripsi cuma 2 bulan. soalnya akhir mei udah harus sidang skripsi. bisa ga yah skripsi beres dalam waktu 2 bulan??

disaat gue dipusingkan oleh seminar skripsi, gue juga dipusingkan oleh KKN. gue sempet maki-maki. kenapa harus ada KKN segala. harusnya semester 8 itu di fokuskan untuk bikin skripsi, bukannya untuk di kirim ke desa-desa dan mengabdi kepada masyarakat disana. payah !! belum lagi KKN ini perlu banyak biaya. sedangkan orang tua gue tampaknya lagi ga ada uang. gue pun berencana nyari beasiswa. gue tanya dosen-dosen yang ngurusin beasiswa, tapi mereka ga ngasih jawaban. TAI !!. gue bener-bener kesel masalah beasiswa ini. kenapa dari dulu yang dapet beasiswa cuma orang-orang itu aja, padahal masih banyak orang yang lebih butuh dan lebih layak dapet beasiswa. dari semester 1 sampe semester 8 sekarang, gue belum pernah sekalipun dapet beasiswa. padahal gue cukup berprestasi. dari semester 3 sampe semester 6, IP gue selalu konsisten di angka 3,5 ( dari skala 4 ). tapi tampaknya dosen-dosen lebih memilih orang-orang yang berorganisasi yang berhak dapetin beasiswa daripada yang berprestasi.

kalo lagi kesulitan uang kaya gini, gue suka ngiri sama temen-temen gue yang kaya-kaya, yang dengen gampangnya minta uang ke orang tuanya untuk bayar uang kuliah. malahan mereka pada ngebohongin orangtuanya dengan minta uang kuliah yang dilebih-lebihin.yeah, tapi ngapain juga sih gue ngiri. itu sama aja gue ga mensyukuri apa yang udah diberikan Allah buat gue dan keluarga gue.

belum lagi gue dipusingkan sama 1 mata kuliah yang belum gue ambil. dan terpaksa gue ikutan SP ( semester pendek ), dan harus mengikhlaskan uang 100.000 gue dipake bayar SP. soalnya kalo ga ikutan SP, kemungkinan gue lulus tahun ini jadi lebih gede persentasenya. gue jadi nyesel. seharusnya gue semseter 1 sama semester 2 dulu kuliahnya ga males-malesan. coba kalo gue rajin, mungkin gue ga harus ikutan SP kaya sekarang ini. tampaknya semakin kelam aja akhir perjalanan kuliah gue.

gue pun pasrah. gue pun minta maaf sama Ibu gue.
"bu, tachi minta maaf  kalo nanti tachi ga lulus kuliah tepat waktu"
"tenang aja, Ibu udah ngedoain kamu ko biar kamu lulus tahun sekarang. kamu juga harusnya banyak ngedoa sama Allah biar bisa lulus tepat waktu" kata ibu gue.

gue terharu, rasanya pengen nangis saat itu juga ngedenger kata-kata ibu ge. tapi gue tahan. gue malu kalo harus nangis. gue sadar, masih ada Ibu gue yang selalu ngedoain yang terbaik buat gue. dan gue juga masih punya Allah, yang bisa menolong gue untuk lulus tepat waktu.
yeah, ada setitik cahaya di gelapnya akhir perjalanan kuliah gue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar