Pages

18 Jan 2012

We Are Family, Not Company !!

berawal dari temen gue, Anggit,  beserta temen-temennya Opan, Igen, Mugi, Alin dan Ayu berencana ingin ngegarap sebuah film. karna masih butuh banyak orang, dari sana Anggit ngajak Ragil sama Nico. terus si Ragil sama Nico ngajakin gue. darisinilah kemudian kita semua kumpul ngomongin proyekkan bikin film ini. dan yang dijadiin tempat ngumpul adalah rumah Anggit. disana kita mulai ngomongin konsep kerja nya. dan ternyata kita masih butuh banyak orang untuk jadi pemaen. si Anggit terus ngajakin Alissa ( JKT 48 ), terus si Alissa ngajakin cowonya, Nandhi. lengkaplah formasi kita waktu itu.

di proyekkan ini, Opan yang jadi sutradaranya, Igen Produser sekaligus pemaen, Anggit jadi kameramen, Ragil, nico, Alissa, nandhi jadi pemaen, Alin jadi script writter, Mugi jadi driver, Gue jadi property sekaligus jadi kleper. setelah pembagian tugas, di hari berikutnya kita mulai latihan, dari mulai reading sampai try adegan. waktu itu kita latihan sampai tengah malem. 2 hari berikutnya kta mulai shooting hari pertama.


di shooting hari pertama, semua berjalan dengan lancar. beberapa scene berhasil kita selesaikan dan kita ngerasa enjoy dan have fun ngejalaninnya. ga tau kenapa, waktu itu gue ngerasa bahagia banget.dan gue ngerasa nyaman dengan situasi seperti ini juga dengan orang-orang seperti ini. kita semua serasa kompak, cape bareng, seneng juga bareng-bareng. Malemnya, beres shooting kita ngadain evaluasi juga rencana buat shooting hari kedua. ternyata di shooting hari kedua kita perlu peran pembantu cewe. waktu itu si Anggit katanya yang mau nyari pemeran cewenya.

di hari kedua shooting, waktu itu rencananya mau shooting di rumah Igen. tapi karena menyesuaikan dengan kondisi, kita pun merubah rencana. jadinya kita shooting yang di luar ruangan dulu. dan rencananya kita mau ngambil gambar di Braga. kita pun kumpul di rumah Igen. dan waktu itu si Anggit bawa pemeran cewe baru. ternyata cewe itu adik kelas gue waktu SMA, namanya Feby. dia temennya cewenya Anggit, Alin. ngeliat si Feby yang cantik, anak-anak mulai bersemangat. terutama gue, Nico, sama Ragil. meskipun orang baru, ternyata si Feby bisa langsung nyatu dengan kita semua. dan kerja dia juga maksimal banget. kita bisa nerima dia, dan dia juga bisa nerima kita.

singkat cerita, kita pun beres nyelesein shooting di hari kedua. waktu itu gue ngerasa kagum banget sama si Feby. dan gue ngerasa suka aja kalo si feby bisa ikutan shooting. shooting hari itu diakhiri dengan nginep di rumah Igen. seperti biasa waktu itu diadakan evaluasi. dan setelah kita share bareng, ternyata masih banyak permasaahan di dalam tim ini. kita semua masih pada mentingin individu masing-masing, padahal seharusnya kita bekerja secara tim. darisinilah kita membuat beberapa komitmen untuk lebih baik lagi kedepannya.

di hari ketiga, ternyata si feby ga bisa ikut shooting. gue agak kecewa, padahal gue ngarep banget si feby bisa ikut. dengan tidak ikutnya si feby, terpaksa kita pun nyari pemaen baru dan menambahkan scene baru, dan waktu itu si Ayu mau ngjakin temennya buat jadi pemaen baru, katanya temennya bisa tapi jam 3 bisa nya. kita pun ngambil adegan yang lain dulu. dari pagi kita semua udah ada di Braga. beres shooting di braga kita pindah ke taman Masjid Salman ITB, terus dilanjutin ngambil gambar di Gasibu. ga kerasa udah jam 3 lagi, kita pun pada cabut ke Dago Plasa buat ngambil gambar disana, sekalian ketemu temennya si Ayu yang mau jadi pemaen baru. gue ga nyangka, tenyata temennya si Ayu itu cantik banget. namanya Uti dan orangnya juga enak di ajak ngobrol, malahan anak-anak malah pada curhat sama dia, tapi sedikit rada ajaib tingkah lakunya. ga tau kenapa, gue ngerasa suka sama dia. gue terpesona sama pertemuan pertama dengan dia. dan mungkin aja bukan cuma gue yang ngerasa suka sama dia.

kita pun mulai sooting di Dapla, nagmbil Adegan si Nico lagi Pacaran sama si Uti. mulai dari sini gue agak ga fokus sama kerjaan gue. gue malah sibuk merhatiin si Uti. terkagum-kagum sama kecantikannya, juga sama tingkah ajaibnya. sampai malemnya, ketika shooting di cafe balck romantic gue makin ga fokus sama kerjaan gue, gue makin asik ngedengerin si Nico curhat sama si Uti. intinya gue pengen deket-deket sama si Uti. padahal yang lainnya lagi sibuk kerja, tapi gue malah asik-asikan ngedengerin yang curhat. dan shooting hari ketiga pun di akhiri dengan tumbangnya si Igen. dia kayanya kecapean, kita pun nganter dia kerumahnya. sebelumnya kita juga sempet makan-makan dulu di rumah si Opan. dihari ketiga ini gue ngerasa makin bersemangat buat shooting di hari selanjutnya, karena ada si Uti.

dikarenakan si Igen sakit, dan anak-anak yang lain ada acara shooting pun libur dulu 2 hari, dan kita shooting lagi hari senen. dan mungkin yang paling semangat shooting hari senen ini adalah gue. yeah, gue semangat bukan karena shooting, tapi karena pengen ketemu si Uti. tapi darisana gue mikir, ko gue malah jadi kaya gini sih? mentingin cewe daripada fokus sama shooting. padahal kita semua udah komitmen mau fokus sama shooting. gue pun sadar diri. si Uti itu emang cantik, dan gue suka. disini gue salah. seharusnya gue ga perlu terlena sama kecantikkan si Uti. padahal belum tentu orang yang luarnya cantik tapi dalemnya juga cantik. setelah gue sadar, gue pun mulai berkomitmen untuk fokus ke shooting.

tapi, ketika gue bersemangat, kayanya anak-anak yang lain ga semangat. mungkin ini gara-gara libur shooting 2 hari jadi semangat kita untuk shooting sedikit luntur. yang seharusnya shooting jam 2, kita baru mulai take jam setengah 5. beres 1 scene terus si Uti dateng, gue sih udah biasa-biasa aja, perasaan suka gue udah ilang. makannya gue ga terlalu deket-deket sama si Uti. tapi tampaknya kedatangan Uti waktu itu jadi awal permasalahannya.

berawal dari si Mugi ngejemut si Uti di depan gang. waktu sampe rumah Igen ternyata mereka udah pada basah gara-gara keujanan. si Uti yang orangnya emang suka tereak-tereak ga jelas, ngeluarin tereakannya gara-gara kecipratan aer. mamahnya Igen disana kaget, tiba-tiba aja ada cewe tereak. dan mamahnya Igen nganggep si Uti ini ga punya sopan santun. di rumah orang tereak-tereak ga jelas. si Mugi yang coba ngebilangin supaya jangan tereak-tereak malah ga di anggep. Igen sebagai tuan rumah mencoba menjamu si Uti. dia ngasih anduk ke Uti, tapi si Uti malah minta yang engga-engga. minta hairdryer. dan waktu dibilangin kalo si Igen ga punya hairdryer si Uti malah masang mimik muka yang agak-agak ga enak, bikin si Igen ga respek lagi sama Uti. si Igen ngerasa si Uti udah ngerendahin dia.

si Uti pun masuk ke dalem ruangan yang dipake shooting. disana kita semua pada asik bercanda. kita emang lagi pada istirahat dulu, sekalian nunggu si ragil. soalnya yang bakalan maen itu si ragil. lagi becandaan-becandaan, gue paling kasian sama si Mugi. soalnya dia di skak mat terus sama si Uti. gue sih nganggepnya itu becandaannya si Uti, tapi kasian juga si Mugi dibecandain terus. si Ragil pun dateng. anak-anak mulai mempersiapkan segalanya buat shooting lagi. si Uti yang di plot sebagai tukang make up pada make up'in yang pada maen. si Nico yang emang seneng di make up'in sama Uti malah terlalu over, dia ga mau diem waktu di make up'in. si Ayu yang emang kesel ngeliat si Nico ga mau diem ga sengaja nampar si Nico. si Nico pun keliatan kesel, tiba-tiba aja dia keluar ngasingin diri. dari sana suasana mulai kerasa ga enak. kita pun hanyut sama pikiran kita masing-masing. saling membisu. .

tiba-tiba si Uti mutusin buat pulang, karena emang udah jam setengah sembilan. si Mugi yang emang tukang nganter mau nganterin si Uti kedepan. tapi si Uti ga mau di anter, dan malah ngeskak mat si Mugi lagi. si mugi yang emang udah daritadi diskak mat terus sama si Uti akhirnya kesel dan ga mau nganterin si Uti. lagi-lagi gue kasian sama si Mugi. yang tadi itu becandaannya si Uti udah terlalu keterlaluan. akhirnya si Ragil yang kebagean nganterin si Uti, tapi cuma sampe depan. waktu di jalan si Uti bilang sama si Ragil kalo dia itu rada ga suka sama si Mugi, soalnya dia terlalu so-soan ngedeketin si Uti. makannya dia ngeskak mat si Mugi terus. kalo menurut gue, harusnya si Uti ga usah sampe segitunya sama si Mugi, jelek-jelek juga si Mugi itu punya perasaan. yeah, tampakna si Uti itu belum kenal bener si Mugi itu orangnya kaya gimana. sebenernya si mugi itu emang baik, tapi kalo sama cewe dia emang over baiknya. dari sini gue ga nyangka kalo si Uti itu sikapnya kaya gitu, terlalu ngerendahin orang lain. padahal semua yang udah kita ataupun si Mugi lakukan sama dia itu cuma mau nunjukin kalo kita itu nyoba welcome sama dia, tapi tampaknya dia belum bisa welcome sama kita. dan ini semua cuma salah paham aja, soalnya kita belum saling mengenal lebih jauh.

keadaan pun makin kacau, kehangatan-kehangatan dan kesenangan-kesenangan shooting sebelumnya ilang gitu aja. dan akhirnya sho0ting pun ga jadi. jadwalnya di ganti buat nyelesein masalah ini. setelah di bahas, ternyata masalah ini timbul gara-gara kesalahan kita sendiri. pertama, kita terlalu asik sama kedatangan si Uti, sehingga kita mulai ga fokus sama shooting. kedua, gara-gara libur 2 hari yang bikin mood shooting kita jatoh. ketiga, kalo ada masalah internal kita harus nyelesein bareng-bareng secara terbuka, bukannya saling mengasingkan diri.

disini kita mulai instropeksi diri dan mulai kembali sama tujuan awal kita, have fun sambil bikin film. semangat lagi buat nyelesein proyekkan ini. melupakan apa yang telah terjadi sebelumnya. dan kedepannya kita bisa lebih dewasa lagi dalam nyelesein masalah. mencoba untuk menyatukan kekompakkan kita lagi sebagai sebuah tim, juga sebagai sebuah keuarga. yeah, we are family, not company.

gue senang disini, salah satu kebahagiaan gue tercipta karena adanya mereka. dan gue pengen gue bisa sama mereka seterusnya . .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar