Pages

6 Jan 2012

Road to Jakarta


pas hari rabu, gue bareng temen gue si Ragil ( nama sebenarnya ) diajakin sama dosen film gue ke Jakarta. katanya sih anak-anak semester 5 mau pada kunjungan ke Sinematek sama ke TMII. dan berhubung bisnya masih kosong, gue sama si ragil disuruh ngikut ( ada untungnya juga deket sama dosen ). gue sama si ragil langsung semangat. soalnya bisa sekalian ngeceng anak-anak semester 5. kali aja ada satu yang sudi mau sama kita berdua.


rabu pagi, gue bareng si ragil udah nongkrong depan kampus. dan ternyata anak-anak semester 5 udah pada kumpul semua. gue langsung aja nyari-nyari cewe yang rada cakepan, buat dikeceng. dan setelah dicari-cari ternyata ga ada yang cakep. ada yang cakep sih, tapi kayanya tu cewe orangnya sholehah banget. gue jadi segen ngecenginnya juga. yeah, kalo gini sih bakalan mem-bete-kan perjalanannya.

jam 7  pas, berangkatlah bis yang gue tumpangi menuju Jakarta. Diperjalanan gue sama si Ragil dibikin ngeri. Si sopir bis, yang mukanya agak sangar, ngejalanin bisnya kaya yang lagi kesurupan. Gue sempet mikir, kayanya si sopir lagi kerasukan setan pembalap deh, makannya ngejalanin bisnya ngebut ga jelas. Alhasil, gue sama si ragil yang emang kebagian duduk paling depan Cuma bisa komat-kamit aja. Ngedoa sama Allah, biar si sopir terlepas dari rasukan arwah setan pembalap.

Akhirnya setelah mengalami perjalanan yang cukup panjang, sampailah gue di Jakarta dengan selamat. dan berakhirlah kengerian gue selama perjalanan. Tempat pertama yang dikunjungi  adalah Sinematek, yang tempatnya ada di gedung Usmar Ismail daerah Kuningan Jakarta. Ini kedua kalinya gue kesini, setelah tahun lalu juga gue kesini. Dari sini gue sama si ragil masuk duluan ke gedung Usmar Ismail, soalnya si Ragil kebelet pengen boker. Si Ragil ini anaknya emang doyan banget boker. Sehari bisa 3 kali boker. Udah kaya minum obat. Beres boker, gue sama si Ragil balik lagi ke depan gedung. Dan ternyata anak-anak yang lain udah pada ga ada.
“pada kemana nih??”
“udah pada masuk kali, cari aja yuk”. Jawab si Ragil
“lu sih pake boker segala, jadi kan ditinggal sama yang laennya”.

kita akhirnya masuk lagi ke dalem nyari anak-anak yang lainnya. Di dalem, bukannya ketemu anak-anak, gue sama si Ragil malah kesasar. Udah muter bulak-balik dari lantai 1 sampe 4 masih ga ketemu juga sama anak-anak yang laen. Dan kita malah nekat nyari ke ruangan PARFI ( persatuan artis film Indonesia ). Padahal ga sembaragan orang boleh masuk kesini. Alhasil kita di usir sama satpam. kita berdua pun jadi frustasi. Udah setengah jam nyari tapi ga ketemu-ketemu juga. Sampe akhirnya ada office boy yang mukanya rada-rada mirip Omas ngasih tau, kalo anak-anak yang lain pada ngumpul di lantai B ( dibawah lantai 1 ).
Bener aja, ternyata anak-anak emang pada disini, lagi dikasih materi sama Pak Berthi Ibrahim, ketua Sinematek. Sempet diomelin dulu sama si Pak woody ( dosen film gue).

“darimana aja kalian?? Kalian diajak kesini bukan buat maen-maen, tapi buat jadi pemandu anak-anak semester 5”. bentak Pak woody.
“sorry Pak, tadi kita berdua pada kesasar”. Jawab si Ragil. Gue sih Cuma nyengir aja diomelin kaya gitu.

Gue sama si Ragil akhirnya ikutan masuk ke tempat persentasi, ngedengerin materi dari Pak berthy. Baru aja beberapa menit ngedenger materi, gue udah bosen. Akhirnya gue ngajak si Ragil cabut keluar. Di luar ternyata ada si a Boni, sama a Alex. ( mereka berdua anak buahnya Pak woody ). Kita pun diajak sama mereka ke tempat pembersihan dan pengeditan film. Di tempat ini ternyata disimpen film dari yang pertama kali muncul ( film loetoeng kasaroeng ) sampe film yang terbaru ada disini. Puas liat-liat di tempat ini, kita berempat pun balik lagi ke tempat persentasi tadi. Dan ternyata anak-anak semester 5 udah pada beres dikasih materinya. Sekarang giliran anak-anak semester 5 yang pada ke tempat pembersihan dan pengeditan film.

Pas anak-anak laen masih pada di dalem gedung, gue bareng si Ragil cabut keluar gedung menuju bis. Mau nyolong jatah makanan nasi kotak anak-anak semester 5. Soalnya kita ga kebagian gratis kalo urusan makanan. Lagi asik-asik makan, tiba-tiba si Pak Woody masuk ke Bis. Ketauan deh niat jahat kita. Alhasil kita kena omel lagi, dan terpaksa harus ngegantiin nasi kotak yang udah dimakan sama 2 porsi gado-gado. ( emang kalo niat jahat itu selalu berakhir dengan kesialan )

Beres shalat Dzuhur, kita semua berangkat menuju ke TKP ke 2. Tempatnya di TMII, tepatnya di museum Penerangan. Dari namanya, gue sempet ngebayangin kalo di dalem museum ini isinya lampu semua. Tapi ternyata salah. Soalnya dalemnya bukan lampu semua, melainkan alat-alat komunikasi yang punya nilai sejarah.

Ditempat ini, anak-anak semester 5 dikasih materi lagi. Dan yang jadi pematerinya Pak Gunawan Pagarru ( sutradara film Syahadat Cinta ). Tema materinya tentang film sebagai media dakwah. Tema inilah yang ngebuat gue tertarik ngikutin panyampaian materi ini dari awal sampe akhir. Dari materi ini yang dapet gue tangkep adalah : dengan berkembangnya film sebagai lahan industry yang mencari keuntungan yang besar, maka film kini hanya menjadi sebuah alat untuk mencari keuntungan saja. Untuk mendapatkan keuntungan yang besar film-film yang muncul harus mengikuti selera para peminatnya. dan kebanyakan selera para peminat film adalah film bertemakan cinta dan horror berbau porno. Oleh karena itu sekarang banyak sekali film-film bertemakan cinta dan horror. Hal inilah yang menyebabkan kalau kini film-film dakwah yang muncul selalu di bumbui oleh kisah percintaan atau kisah yang berbau mistis, agar film dakwah pun laku di pasaran. Fenomena inilah yang menyebabkan dakwah kehilangan auranya. Karena bila film dakwah dibumbui oleh kisah cinta dan kisah mistis, pesan dakwah yang disampaikan akan menjadi sangat miskin. Yah, seginilah yang bisa gue tangkep.

Beres materi, kita semua sempet muter-muter museum dulu + foto-foto sama Gunawan Pagarru. Dan tepat jam 5 sore, kita semua harus balik lagi ke Bandung. Gue yang emang udah cape banget, milih buat tidur sepanjang perjalanan. Dan akhirnya jam 8 malem kita semua udah sampe di Bandung, semuanya pada pulang kerumahnya masing-masing, membawa pelajaran yang udah di dapet hari ini.

Yeah, perjalanan yang lumayan menyenangkan. Cukup untuk mengusir penat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar